Erick Thohir Jadi Cawapres Terkuat untuk Prabowo Subianto

Selasa, 12 September 2023 – 17:19 WIB
Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir terus mendapatkan sinyal dukungan sebagai calon wakil presiden untuk diduetkan dengan Calon Presiden Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat politik UPN Veteran Jawa Timur Singgih Manggalou menillai ketua umum PSSI ini menjadi cawapres terkuat capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu.

BACA JUGA: Erick Thohir Dinilai sebagai Sosok Ideal Cawapres Pendamping Prabowo Subianto

"Politik merupakan seni kemungkinan, dan Pak Erick Thohir menjadi cawapres terkuat untuk Prabowo Subianto," kata Singgih dalam keterangannya, Selasa  (12/9).

Menurutnya, Erick Thohir menjadi yang terkuat karena telah memiliki modal utama sebagai cawapres, yakni popularitas dan elektabilitas yang tidak bisa diremehkan.

BACA JUGA: Erick Thohir buat Terobosan untuk Liga 2, Suporter Semen Padang Beri Apresiasi

Terbukti, elektabilitas dari Erick Thohir dari berbagai hasil survei cawapres berada di posisi teratas.

Misalnya, di survei nasional terbaru yang dilakukan Polling Institute periode Agustus, nama Erick Thohir terpantau berada di posisi teratas sebagai cawapres dengan torehan elektabilitas 15,1 persen.

BACA JUGA: Jika Timnas U-23 Indonesia Lolos ke Piala Asia, Ini yang akan Dilakukan Erick Thohir

Dalam perincian survei selanjutnya, terdapat juga simulasi lima nama cawapres,  yakni Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY, dan Khofifah Indar Parawansa.

Lagi-lagi dalam survei tersebut, eks presiden Inter Milan ini unggul pada posisi pertama dengan hasil 24,5 persen.

Ketika diposisikan berada cawapres untuk Prabowo dengan simulasi lima nama, Erick Thohir berhasil memenangkannya dengan torehan 28,8 persen mengalahkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Dalam kesimpulan survei itu banyak publik yang berharap Erick Thohir maju sebagai cawapres untuk Prabowo di pilpres mendatang.

Apabila kedua tokoh ini dipasangkan, peluang menang Prabowo meningkat di Pilpres 2024 mendatang.

"Berdasarkan data statistik survei, Erick Thohir ini lebih tinggi dan memiliki peluang lebih besar," jelas Singgih. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler