Erick Thohir Tambahkan Tiga Poin Penting Bagi Klub di Liga 1, Pengamat Sepak Bola Merespons

Kamis, 29 Juni 2023 – 17:51 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSSI Erick Thohir terus menunjukkan keseriusannya membangun sepak bola Indonesia yang maju dan modern.

Keseriusan itu ditunjukkan oleh Erick Thohir lewat aturan-aturan yang harus disepakati dan diikuti oleh semua pihak yang terlibat dalam sepak bola Indonesia, baik itu PT LIB, pemilik klub, pelatih, pemain dan lainnya.

BACA JUGA: Soal Stadion Piala Dunia U-17 2023, Waketum PSSI Bilang Begini

Terbaru, Erick Thohir bakal menambah tiga poin penting bagi semua klub, terkhusus buat para pelatih sebelum Liga 1 musim 2023/2024 bergulir pada 1 Juli 2023 besok.

Pertama, setiap klub wajib memainkan pemain U-23. Kedua, pelatih klub harus menandatangani komitmen untuk melepas pemain ke Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Dinilai Punya Kapabilitas Mumpuni, Erick Thohir Layak jadi Cawapres

Ketiga, keamanan yang harus diterapkan dengan ketat oleh masing-masing klub.

Pengamat sepak bola Rony Samloy mengatakan tiga poin yang dikeluarkan oleh Erick Thohir merupakan upaya dirinya membangun sepak bola Indonesia yang modern.

BACA JUGA: Erick Thohir Sambut Baik Langkah BRI Menjadi Sponsor Utama Liga 1

Pasalnya, lewat aturan memainkan pemain U-23 di Liga 1 adalah cara Erick Thohir menjamin jam bermain bagi para calon pemain Timnas Indonesia ke depan.

“Saya sangat mendukung tiga poin tersebut karena merupakan upaya membangun sepak bola Indonesia yang modern. Sebab, selama ini masalah prestasi sepak bola Indonesia masih dihantui banyak hal termasuk tiga poin tersebut,” kata Samloy kepada wartawan, Kamis (29/6).

Mantan Jurnalis olahraga ini mengatakan para pelatih Liga 1 Indonesia sejauh ini masih mengandalkan pemain-pemain senior dalam tim utama mereka dan kurang memberikan kepercayaan kepada pemain muda.

Untuk itu, lewat aturan tersebut Erick Thohir ingin menjamin jam bermain pemain muda di klub sebelum dipanggil ke Timnas.

“Dampaknya adalah untuk menyiapkan calon-calon pemain spartan masuk ke Timnas U-23 dan timnas senior. Dengan langkah ini mereka punya jam terbang tinggi di level klub sebelum membela timnas,” ucapnya.

Menurut Samloy, jika tiga poin yang dikeluarkan oleh mantan Presiden Inter Milan ini dijalankan oleh semua pihak, maka sepak bola Indonesia beberapa tahun ke depan akan mengalami perubahan signifikan.

Untuk itu, komitmen dari klub dan para pelatih sangat dibutuhkan dalam membangun sepak bola Indonesia yang modern.

“Saya optimistis jika tiga poin ini dilaksanakan dan dijalankan seluruh pemangku kepentingan sepak bola di tanah air niscaya sepak bola Indonesia akan bangkit dan berprestasi. Semua butuh komitmen dan soliditas,” katanya.

Samloy pun meminta PSSI tetap fokus pada pengembangan pemain-pemain muda, baik pembinaan usia dini maupun melakukan langkah naturalisasi pemain muda potensial dari luar, terkhusus bagi mereka yang punya ikatan keluarga dengan Indonesia.

“Saran saya sekalipun dari Liga 1 nanti banyak bermunculan calon-calon pemain berkualitas tapi jangan alergi dan menafikan naturalisasi, sebab sepak bola modern sudah lebih maju dan terus mengedepankan antirasisme dan sebagainya,” ungkapnya.

Dia mendorong untuk belajar dari Jerman dan Prancis yang juga diperkuat pemain-pemain naturalisasi.

“Buang gengsi, lalu kita satu pikir membangun sepak bola Indonesia lebih maju dan modern,” tegas Samloy.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
PSSI   Erick Thohir   Klub   Liga 1   Sepak Bola   pengamat  

Terpopuler