Euro

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Sabtu, 12 Juni 2021 – 11:40 WIB
Ilustrasi. Foto: REUTERS/ANTON VAGANOV

jpnn.com - Tidak mudah menyatukan Eropa. Dari dulu sampai sekarang Benua Biru itu terpecah-pecah oleh suku-suku bangsa kecil-kecil dengan ratusan bahasa yang berbeda.

Menjadikan Eropa sebagai entitas yang bersatu di bawah Pan-Eropa adalah impian lama yang sulit terealisasi.

BACA JUGA: Roberto Mancini Ungkap Rahasia di Balik Kemenangan Italia Atas Turki

Di panggung sejarah telah muncul orang-orang kuat yang ingin menyatukan Eropa menjadi satu.

Tidak cukup dengan negoisasi politik yang damai, tetapi dengan kekerasan dan peperangan.

BACA JUGA: Bunuh Diri dan Rekor Fantastis Warnai Kemenangan Italia di Pembuka Euro 2020

Seperti ungkapan Carl von Clausewitz dalam "On War" (1832) perang adalah diplomasi dengan cara berbeda.

Maka muncullah orang-orang kuat yang menyulut Perang Eropa. Napoleon dari Prancis dan Hitler dari Jerman. Mereka berambisi menyatukan Eropa di bawah kepemimpinan diktatorial mereka.

BACA JUGA: 3 Hal yang Wajib Anda Tahu Soal Euro 2020, Termasuk Daftar Pemain

Keduanya gagal dengan akibat yang mengerikan.

Perang sudah tidak ada lagi. Eropa modern sudah bersatu dalam Uni Eropa, tetapi penyatuan dalam arti Pan-Eropa dalam satu pemerintahan yang utuh tidak bisa terwujud.

Persaingan dan rasa saling curiga masih kental di antara raksasa-raksasa Eropa.

Karena itu Inggris kemudian keluar dari Uni Eropa melalui gerakan Brexit yang bikin gempar.

Perang Eropa sekarang berkobar lagi. Bukan di medan perang, tetapi di stadion sepak bola.

Euro 2020. Piala Eropa adalah ajang perang lanjutan antara negara-negara kuat Eropa.

Piala Eropa 2020 dimulai 12 Juni sampai 12 Juli.

Partai pertama Turki vs Italia di Stadion Olimpico, Roma. Turki dihajar tiga gol tanpa balas.

Turki tidak diakui sepenuhnya sebagai anggota Eropa. Secara geografis posisi Turki tanggung antara Eropa dan Mediterania.

Sejarah masa silam Kesultanan Otoman yang menjadi kekuasaan ekspansif sampai ke Eropa masih menyisakan dendam sampai sekarang.

Ajang Euro akan menjadi ajang persaingan keras kekuatan-kekuatan lama Eropa dengan kekuatan baru.

Terdapat enam grup yang bertanding di 11 kota berbeda. Tuan rumah edisi kali ini adalah Italia (Roma), Azerbaijan (Baku), Denmark (Kopenhagen), Rusia (St. Petersburg), Belanda (Amsterdam), Rumania (Bukares), Inggris (London), Skotlandia (Glasgow), Spanyol (Seville), Jerman (Muenchen) dan Hungaria (Budapest).

Menyusul dicoretnya Irlandia (Dublin), Rusia akan menjadi tuan rumah dua grup. Tiap grup dijadwalkan melangsungkan pertandingan di dua stadion yang berbeda.

Sementara untuk fase gugur, babak 16 Besar digelar di tujuh kota berbeda, yakni Amsterdam, London, Budapest, Seville, Kopenhagen, Bukares, dan Glasgow. Babak perempat final akan digelar di St. Petersburg, Baku, Muenchen, dan Roma. Mulai semifinal, semua pertandingan dilangsungkan di Stadion Wembley.

Akibat pandemi, stadion gelaran Piala Eropa tidak bisa terisi penuh. Masing-masing negara menjamin izin kapasitas minimal dengan jumlah berbeda-beda.

Ini adalah turnamen Piala Eropa edisi ke-16. Untuk memperingati 60 tahun eksistensi turnamen, UEFA menggelar edisi kali ini secara istimewa.

Format kompetisi dan jumlah peserta (24) masih sama, tetapi yang berbeda adalah bagaimana turnamen akan digelar.

Jika tadinya Piala Eropa dihelat di satu atau dua negara, maka edisi 2020 dijadikan turnamen Pan-Eropa.

Awalnya, terdapat 12 negara yang berstatus tuan rumah Piala Eropa 2020. Namun, Republik Irlandia kemudian dicoret dan jumlah tuan rumah menyusut menjadi sebelas.

Tak seperti edisi-edisi sebelumnya, masing-masing tuan rumah harus berjuang via kualifikasi untuk bertanding di putaran final.

Selain unik dari segi tempat penyelenggaraan, Piala Eropa 2020 juga mengenalkan sejumlah hal. Di antaranya adalah penyesuaian peraturan akibat pandemi dan sistem kualifikasi play-off yang baru.

Format unik Piala Eropa 2020 dimaksudkan sebagai ajang memperingati ulang tahun ke-60 ajang empat tahunan tersebut. Pada 1960, edisi pertama Piala Eropa digelar dengan Prancis sebagai tuan rumah.

Awalnya Turki difavoritkan menjadi tuan rumah. Namun, negara ini berencana menggelar Olimpiade pada tahun bersamaan. UEFA pun meragukan kesiapan tuan rumah apabila harus menggelar Olimpiade dan Piala Eropa pada tahun yang sama.

Terdapat 19 negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah pada 2014. UEFA kemudian menyetujui proposal 13 negara. Enam negara dicoret, yakni Belarusia, Bulgaria, Israel, Makedonia Utara, Swedia, dan Wales. Belgia tadinya lolos, tetapi kemudian dicoret pada 2017 karena UEFA meragukan kesiapan mereka

UEFA menetapkan 12 arena untuk menggelar Piala Eropa. Jumlah itu menyusut lagi usai Republik Irlandia dicoret karena tidak bisa menjamin izin kehadiran suporter ke stadion dalam jumlah minimum yang ditentukan. Tiga pertandingan Grup E yang semula digelar di Dublin dialihkan ke St. Petersburg, Rusia.

Piala Eropa 2020 pun tinggal menyisakan 11 tuan rumah, yakni Azerbaijan, Belanda, Denmark, Inggris, Jerman, Hungaria, Italia, Rumania, Rusia, Skotlandia, dan Spanyol.

Karena semua tim wajib melalui kualifikasi, terdapat tuan rumah yang tak lolos ke putaran final, yaitu Azerbaijan dan Rumania. Irlandia, sebelum dicoret dari daftar tuan rumah, juga gagal lolos ke putaran final.

Ibarat cahaya di ujung terowongan

Piala Eropa 2020 digelar pada 2021 karena pandemi korona yang sempat menghentikan aktivitas sepak bola tahun lalu.

Maret 2020 UEFA memutuskan untuk menunda turnamen selama setahun. Kalender sepak bola pun disesuaikan dengan kompetisi domestik yang juga tertunda.

Kini, Piala Eropa bisa mulai digelar dan suporter sedikit demi sedikit bisa datang ke stadion. Italia menyatakan kelegaan atas digelarnya turnamen empat tahunan tersebut.

Ini bukan hanya tentang pembukaan di stadion, tetapi sebuah momen simbolis. Ini adalah cahaya di ujung terowongan.

"Kami harap bahwa 11 Juni dapat menjadi momen puncak dari proses kebangkitan seluruh aktivitas olahraga." Begitu kata Wakil Menteri Bidang Olahraga Italia, Valentina Vezzali.

UEFA menjamin suporter bisa datang ke stadion untuk Piala Eropa. Italia yang menggelar partai pembuka, dapat mengizinkan suporter memenuhi 25-45% kapasitas Stadion Olimpico.

Sembilan kota lain mengupayakan 22-50% kapasitas stadion bisa diisi. Sedangkan Budapest (Hungaria) bahkan menargetkan 100% kapasitas bisa diisi.

Politik tidak bisa menyatukan Eropa.

Namun, perhelatan sepak bola empat tahun sekali terbukti bisa menyatukan mereka. Parlemen Eropa yang paling kuat pun sulit menyatukan mencapai keputusan yang bulat.

Namun, otoritas sepak bola Eropa, UEFA, terbukti powerful, dan setiap negara tunduk kepada aturan UEFA. (*)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler