EURO 2024: FFF Pertahankan Deschamps jadi Pelatih Prancis

Kamis, 11 Juli 2024 – 11:30 WIB
Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps sesuai laga semifinal EURO 2024 antara Spanyol dan Prancis di Muenchen Football Arena di Kota Muenchen, Jerman (9/7/2024. ANTARA/AFP/Tobias Schwarz/aa.

jpnn.com - JAKARTA - Tim Nasional Prancis dikalahkan Timnas Spanyol 1-2 di semifinal EURO 2024 di Allianz Arena, Rabu (10/7).

Meski demikian, Federasi sepak bola Prancis atau FFF memastikan tidak memecat Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps.

BACA JUGA: Catatan Langka Timnas Inggris Seusai Menembus Final EURO 2024

FFF mengumumkan akan tetap mempertahankan Deschamps sebagai pelatih, meski Timnas Prancis gagal menjuarai EURO 2024.

Kabar itu disampaikan Presiden FFF Philippe Diallon yang menyebut sang pelatih masih punya kontrak melatih Timnas Prancis hingga Piala Dunia 2026.

BACA JUGA: Spanyol vs Prancis: Ucapan Didier Deschamps Bak Buah Simalakama

"Deschamps masih terikat kontrak bersama kami dan dia akan melanjutkan misinya di tim ini," Diallo yang dikutip L'Equipe pada Kamis.

Timnas Prancis harus tersingkir di semifinal Euro 2024 setelah dikalahkan Spanyol.

BACA JUGA: Spanyol vs Prancis: Didier Deschamps Serba Rahasia

Kekalahan Prancis itu membuat banyak pihak mendesak FFF memecat Deschamps.

Sang pelatih yang berusia 55 tahun itu dinilai gagal mengeluarkan performa terbaik Les Bleus yang bertabur bintang di turnamen ini.

Namun, Diallo menyatakan bahwa Deschamps akan terus menangani Prancis, dan sekarang mendapatkan tugas untuk membawa timnya lulus Piala Dunia 2026.

"Selama EURO 2024, saya telah melihat banyak sikap profesionalisme dan keinginan tim untuk menjadi lebih sempurna. Kami perlu menjaga tim Prancis ini tetap bergerak ke arah yang benar," tambah Diallo.

Deschamps juga akan memimpin Les Bleus untuk berkompetisi di UEFA Nations League yang bakal dimulai pada September 2024 mendatang.

Deschamps melatih Timnas Prancis sejak menggantikan Laurent Blanc setelah EURO 2012.

Selama melatih Prancis, Deschamps memiliki prestasi yang bagus dengan membawa timnya lulus ke final EURO 2016, juara Piala Dunia 2018, dan ke final Piala Dunia 2022.

Keputusan FFF untuk mempertahankan Deschamps sekaligus menepis kabar bahwa eks pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, akan menjadi penggantinya setelah Prancis kalah di semifinal EURO 2024. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler