Facebook, WhatsApp, dan Instagram Bantu UMKM Bangkit Selama Ramadan

Kamis, 08 April 2021 – 20:17 WIB
Ilustrasi Facebook. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Facebook, WhatsApp, dan Instagram menggelar kampanye online #BulanKebaikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 2021.

Mulai dari hari pertama Ramadan, berbagai ide akan dihadirkan di tiga platform tersebut untuk menginspirasi orang-orang melakukan berbagai hal kebaikan.

BACA JUGA: Duh! Data Pribadi Mark Zuckerberg dan Pendiri Facebook Lainnya Bocor

"Kami akan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka serta terhubung dengan teman dan keluarga pada bulan yang suci ini,” kata Country Director untuk Facebook di Indonesia Pieter Lydian di Jakarta, Kamis.

Beberapa ide, program, dan fitur khusus Ramadan itu seperti ajakan jelajahi kebaikan dengan membantu orang-orang menelusuri beragam cara untuk menyebarkan kebaikan selama Ramadan.

BACA JUGA: Remaja 18 Tahun Ini Didaulat Sebagai Orang Muda Terkaya di Muka Bumi

“Mulai dari membeli makanan dengan porsi yang lebih banyak agar dapat dibagikan kepada kurir pengantar makanannya, hingga membangun silaturahmi kembali dengan teman yang sudah lama tidak bertemu," kata dia.

Ide-ide #BulanKebaikan itu, ungkap Peter, sangat mudah dan menyenangkan untuk dilakukan bersama teman dan keluarga.

BACA JUGA: Di Bawah Pengaruh Alkohol, Pengemudi Xpander Tabrak Pohon

Dia mengatakan ide-ide menarik lainnya tentang hal-hal yang dapat dilakukan selama #BulanKebaikan ini dapat dilihat melalui halaman Facebook Indonesia.

Program berikutnya yakni panduan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk menyambut Ramadan dengan memanfaatkan seluruh aplikasi Facebook.

Salah satu panduan praktis yang dapat ditemukan oleh pelaku UKM adalah pustaka gambar gratis di Getty Images.

Panduan UKM ‘Siap Sambut Ramadan’ ini dapat dilihat dan diakses melalui halaman Facebook Indonesia.

Melalui kampanye #BulanKebaikan, Facebook juga memberikan inspirasi kebaikan dengan melakukan kolaborasi bersama kreator dan komunitas.

Program berikutnya yakni #NgabuburitdiInstagram, sebuah serial Instagram Live selama 30 menit yang akan berjalan setiap hari Sabtu selama Ramadan.

Beberapa konten kreator yang akan dihadirkan adalah artis Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, dan Nagita Slavina.

Program berikutnya yakni Pasar JuWAra. WhatsApp akan berkolaborasi dengan influencer seperti Alyssa Subandono untuk mengajak orang-orang terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp.

Bermitra dengan UKM Indonesia, WhatsApp akan memberdayakan lebih dari 1.000 pedagang pasar tradisional di 22 kota di 15 provinsi agar siap menyambut Ramadan dan Idulfitri melalui pelatihan WhatsApp Business.

Facebook juga mengajak untuk mengekspresikan kebaikan melalui beberapa kegiatan, seperti saling bertukar resep menu makanan khas Ramadan, baik cita rasa nusantara maupun Asia Pasifik dan Turki.

Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp juga menghadirkan sejumlah fitur melalui stiker di Stories Instagram, WhatsApp, Avatar, dan News Feed di Facebook, serta efek kamera dan stiker terbaru di Messenger dan Messenger Kids. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dapat Suntikan Dana Rp 14,4 Triliun, Telegram Siap Hantam WhatsApp


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Facebook   WhatsApp   Instagram   UMKM   Ramadan  

Terpopuler