Fadel Bisa Saingi Foke

Jumat, 03 Februari 2012 – 01:07 WIB

MESKI DPP Partai Golkar belum memutuskan nama calon gubenur (cagub) yang akan diusung pada Pilkada DKI Jakarta, tapi nama Fadel Muhammad diperkirakan akan menjadi salah satu calon terkuat untuk menyaingi incumbent, Fauzi Bowo. Hal itu terlihat dari survei yang dilakukan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis).

Puskaptis melakukan survei terhadap sejumlah nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Survei yang dilakukan pada 26 Desember 2011 sampai dengan 10 Januari 2012 ini, menggunakan 1.250 responden yang tersebar di seluruh Jakarta dengan teknik multistage random sampling.

Direktur Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) Husen Yazid mengatakan, berdasarkan hasil survei, nama mantan Menteri Perikanan dan Kelautan, Fadel Muhammad muncul sebagai pesaing ketat bagi Fauzi Bowo yang merupakan incumbent.

Fadel memiliki persentase popularitas 61,31 persen dan kesukaan 33,38 persen. Sementara Fauzi Bowo mendapatkan popularitas maupun kesukaan yakni 93,14 persen dan 51,52 persen.

Setelah Fadel, menyusul di urutan ketiga adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto dengan popularitas 57,90 persen dan 35,52 persen.

Kemudian, untuk nama-nama bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, urutan pertama ada pada Tantowi Yahya dengan tingkat popularitas dan kesukaan masing-masing 67,38 persen dan 38,97 persen. Diikuti Triwisaksana 36,93 persen dan 24,31 persen. Disusul nama-nama seperti Lulung Lunggana, Wanda Hamidah, Boy Sadikin, Prya Ramadhani, Slamet Nurdin dan Ben Benyamin.

"Survei ini juga mengungkapkan bahwa masyarakat Jakarta mengharapkan munculnya pemimpin yang berkualitas itu dengan didasari kompetensi, integritas, jujur, teruji, berpengalaman, latar belakang calon, dan memiliki track record yang baik," tuturnya.

Direktur Masyarakat Peduli Pembangunan Jakarta. Arman Zakaria, menilai masih tingginya popularitas Fauzi Bowo, karenakan yang bersangkutan merupakan incumbent. "Survey ini diharapkan membantu masyarakat untuk menentukan pilihanya yang terbaik," tandasnya.(pes)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Ruang Banggar Tak Perlu Anti Sadap


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler