Fakta-Fakta di Balik Ditundanya Duel Brasil Melawan Argentina

Kamis, 09 September 2021 – 03:55 WIB
Otoritas kesehatan Brasil nyaris dengan dua pemain timnas Argentina, Marcus Acuna (8) dan Nicolas Otamendi (19). Foto: (REUTERS/Amanda Perobelli)

jpnn.com, SAO PAULO - Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Conmebol yang mempertemukan Brasil melawan Argentina di Stadion Neo Quimica Arena, São Paulo, Senin (6/9) dini hari WIB, terpaksa dihentikan saat laga baru berjalan enam menit.

Polisi berbaju sipil tiba-tiba masuk ke lapangan dan terlihat mengejar sejumlah pemain timnas Argentina.

BACA JUGA: Waduh, Jelang Laga Italia vs Lithuania, Gli Azzurri Malah Pincang

Apa yang terjadi

Pemain yang dimaksud ialah Christian Romero, Giovani Lo Celso, Emiliano Martinez, dan Emiliano Buendia.

BACA JUGA: Azerbaijan vs Portugal: 5 Fakta Menarik Kemenangan Pasukan Fernando Santos

Mereka dituduh memalsukan informasi perjalanan sebelum masuk ke wilayah Brasil.

Romero, Lo Celso, Martinez, dan Buendia merupakan penggawa timnas Argentina yang berlaga di Liga Inggris, di mana negara tersebut masuk dalam daftar merah otoritas kesehatan Brasil.

BACA JUGA: Prancis vs Finlandia 2-0: Antoine Griezmann Samai Rekor Olivier Giroud

Keempat pemain itu langsung dideportasi dari wilayah Brasil dan dikenakan sanksi denda akibat melanggar protokol kesehatan yang diterapkan Negeri Samba.

Reaksi Kapten timnas Argentina

Kapten timnas Argentina Lionel Messi melontarkan kritik tajam kepada otoritas kesehatan Brasil karena sebelumnya mereka tidak mendapat peringatan apa pun.

"Mengapa mereka (otoritas kesehatan Brasil, red) memulai permainan dan menghentikannya setelah lima menit. Kami sudah berada di sini di stadion selama satu jam, mereka bisa saja memberi tahu kami," tutur Messi.

Nasib Pertandingan tersebut

Satu jam setelah kejadian itu, pertandingan akhirnya resmi dihentikan.

"Wasit dan ofisial pertandingan akan membawa laporan ke Komite Disiplin FIFA dan mereka bakal memutuskan langkah apa yang akan diambil," tulis pernyataan Federasi Sepak Bola Amerika Selatan.

Reaksi Timnas Brasil

Presiden Konfederasi Sepak Bola Brasil Ednaldo Rodrigues mengecam kejadian itu dan mengkritik Anvisa selaku Badan Pengatur Kesehatan Brasil.

Menurut sang presiden, Anvisa telah merusak pertandingan antara Tim Samba melawan Albiceleste yang sejatinya bisa dinikmati oleh semua pihak.

“Saya merasa kasihan kepada semua penggemar olahraga yang ingin menonton pertandingan di televisi.”

“Dengan segala hormat kepada Anvisa, mereka bisa menyelesaikan ini lebih awal dan tidak menunggu pertandingan dimulai,” ungkap Ednaldo.

Reaksi Timnas Argentina

Pelatih Argentina Lionel Scaloni turut mengecam insiden itu karena laga Brasil melawan Argentina merupakan partai yang ditunggu-tunggu banyak penggemar.

“Itu membuat saya sangat sedih, saya tidak mencari pihak yang bersalah, apa pun yang terjadi atau tidak terjadi, ini bukan waktunya untuk melakukannya,”

“Kami ingin menikmati pertandingan antara dua tim terbaik di dunia, tetapi segalanya berakhir seperti ini," ungkap Scaloni.

Posisi Klasemen dan Jadwal

Meski gagal bertanding, timnas Brasil masih memimpin klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan dengan nilai 21. Unggul enam angka dari Argentina yang berada di posisi kedua.(mcr16/jpnn)


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler