Fakta Tentang Kanker Paru yang Harus Anda Diketahui

Jumat, 21 Agustus 2015 – 02:05 WIB
Fakta Tentang Kanker Paru yang Harus Anda Diketahui. Foto: IST

jpnn.com - KANKER paru sering dianggap remeh bagi para perokok aktif, mereka sering mengatakan bahwa mereka tidak merasakan hal apapun pada dadanya sehingga mereka terus melanjutkan kegiatan merokoknya.

Bahaya merokok sebenarnya telah diketahui sejak zaman dahulu, dimana asap dari rokok yang masuk melalui sistem pernafasan akan merusak beberapa organ pernafasan pada manusia termasuk salah satunya adalah paru-paru.

BACA JUGA: 4 Keuntungan Kencani Wanita Mandiri

Berikut adalah beberapa gejala yang harus dicermati dari kanker yang mematikan ini, seperti dilansir laman India Times, Rabu (19/8).

1. Merokok adalah faktor risiko utama untuk kanker paru-paru.

BACA JUGA: Begini Cara Kerja Viagra untuk Perempuan

Hampir 87 persen kasus kanker paru-paru berhubungan dengan merokok. Risiko tergantung pada berapa lama seseorang telah merokok, usia di mana mereka mulai merokok dan jumlah produk tembakau yang dihisap per hari.

2. Target kanker paru-paru juga perokok pasif

BACA JUGA: Lima Surga Tersembunyi untuk Menghabiskan Musim Panas Anda

Faktor risiko terbesar untuk kanker paru-paru adalah merokok, tetapi perokok pasif juga bisa terkena kanker paru-paru. 10 hingga 15 persen kasus kanker paru-paru terjadi pada non-perokok dan banyak dari pasien ini adalah perempuan.

3. Ada dua jenis kanker paru-paru.

Hampir 85 hingga 90 persen dari kanker paru-paru adalah type Non-Small Cell . Kanker ini tumbuh lambat dan tidak menyebar dengan cepat ke organ lain. Jenis lain, Small Cell Carcinoma cenderung tumbuh lebih cepat dan menyebar ke organ lain.

4. Ada tanda-tanda peringatan halus.

Baik pria maupun wanita harus mengetahui tanda-tanda peringatan dari kanker paru-paru. Mereka bisa halus namun gejala yang harus diperhatikan antara lain batuk teratur, sesak napas, peningkatan nafsu makan atau penurunan berat badan, mengi dan batuk darah. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, segera periksa ke dokter.

5. CT scan bisa membantu Anda

CT scan bisa mendeteksi tumor pada tahap awal, sehingga kelangsungan hidup penderita kanker paru-paru lebih baik. Skrining saat ini direkomendasikan untuk orang-orang yang berusia antara 55 tahun dan 74 tahun dan yang telah merokok satu bungkus sehari selama 30 tahun dan berhenti kurang dari 15 tahun yang lalu.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Awas! Berdiri Terlalu Lama di Tempat Kerja bisa Bahaya buat Kesehatan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler