Fans Chelsea Rasis kepada Welbeck

Jumat, 02 November 2012 – 09:07 WIB
INSIDEN rasis kembali berulang di sepak bola Inggris. Bila sebelumnya Chelsea yang menjadi korbannya, kali ini justru mereka pelakunya. Hanya, bukan dilakukan para pemain atau ofisial, melainkan fans Chelsea.

Ketika pertandingan babak 16 besar Piala Liga Inggris melawan Manchester United di Stamford Bridge, seorang fans Chelsea tertangkap kamera menirukan bahasa tubuh monyet. Dia melakukannya untuk memprovokasi striker United Danny Welbeck.

Ketika babak kedua berlangsung, fans Chelsea yang belum diketahui namanya itu mengejek Welbeck yang melakukan kesalahan mengontrol bola. Sejumlah fans lainnya yang berada di sekitar pria itu memang tidak melontarkan ejekan rasis, tetapi ikut mencemooh Welbeck.

Gara-gara pose monyet yang dilakukan fans Chelsea itu, sekarang klub berjuluk The Blues itu malah menjadi sasaran penyelidikan. Chelsea belum memberikan komentar spesifik, tetapi mereka sudah menyatakan akan tegas terhadap tindakan rasis.

Sekarang, di tengah penyelidikan terhadap kasus rasis yang dilakukan wasit Mark Clattenburg kepada John Obi Mikel dan Juan Mata, Chelsea justru jadi sorotan. Apalagi, foto fans yang melakukan gesture monyet itu tersebar di berbagai media massa dan jejaring sosial dunia maya.

Sementara itu, Clattenburg angkat suara soal insiden kepemimpinannya saat Chelsea melawan United di Premier League akhir pekan lalu. Dia mengaku menyesal telah mengusir keluar striker Chelsea Fernando Torres karena dianggap diving.

Torres mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-68 karena terjatuh ketika melewan Jonny Evans. Clattenburg menilai diving, tetapi belakangan setelah melihat rekaman video, dia menyadari telah melakukan keputusan yang keliru.

Namun, dia tetap membantah tuduhan rasis yang dilakukan kepada Obi Mikel dan Mata. "Tidak mungkin saya mengucapkan seperti apa yang dituduhkan. Saya tidak mengatasi sesuatu yang melampaui batas. Reputasi saya dipertaruhkan," bilang Clattenburg.

Chelsea sendiri sudah melayangkan protes resmi ke FA. Namun, mereka menarik tuduhan soal penghinaan rasis kepada Mata. "Chelsea mengajukan keluhan resmi kepada FA terkait bahasa kurang pantas yang diarahkan wasit Mark Clattenburg kepada John Obi Mikel," begitu keterangan di situs resmi klub. (ham)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Klub ISL Sudah Verifikasi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler