Fasilitasi Pendaftaran Loker di Luar Negeri, Disnaker Kota Tangerang Siapkan Lab Bahasa

Kamis, 28 September 2023 – 10:24 WIB
Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan. Foto: Dok tangerangkota.go.id

jpnn.com, KOTA TANGERANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) mempersiapkan Lab Bahasa atau fasilitas kursus bahasa asing bagi para pencari kerja (pencaker).

Penyebabnya, Disnaker Kota Tangerang telah memiliki program perlindungan penempatan tenaga kerja luar negeri dengan bentuk sosialisasi lowongan di luar negeri yang ingin dikembangkan.

BACA JUGA: Tekan Angka Pengangguran, Pemkot Tangerang Buka Pelatihan Menjahit hingga Desain Grafis, Gratis Lho

"Kami telah memiliki program perlindungan penempatan tenaga kerja luar negeri yang ditunjang dengan keberadaan Lab Bahasa," ujar Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan dalam keterangan resmi, Rabu (27/9/2023).

Ujang menjelaskan, pelatihan kursus bahasa asing ini dihadirkan sebagai salah satu upaya menekan angkat pengangguran di Kota Tangerang.

BACA JUGA: Disnaker Kota Tangerang Gelar Virtual Job Fair, 3.541 Lowongan Kerja Disediakan

Dalam mengentaskan angka pengangguran ini, kata Ujang, Disnaker Kota Tangerang secara rutin menggelar virtual job fair. Kegiatan ini rutin dilakukan sejak 2020 hingga saat ini.

"Ini adalah salah satu menjadi terobosan baru kami dalam rangka pengurangan angka pengangguran di Kota Tangerang," ujarnya.

BACA JUGA: Ribuan Warga Tumpah Ruah Ramaikan Pembukaan Festival Maulid Kota Tangerang 2023

Ujang mengatakan fasilitas lab kursus bahasa asing tersebut akan digelar di salah satu ruangan di Gedung Disnaker Kota Tangerang.

"Fasilitas kursus bahasa ini rencananya akan dibuka di lantai 4 Gedung Disnaker, Kota Tangerang, dengan mempersiapkan lima kelas bahasa di tahap awal," ungkapnya.

Sebelumnya, Disnaker Kota Tangerang kembali membuka virtual job fair digelar dengan 3.541 lowongan pekerjaan, Rabu (27/9/23). Job fair yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kota Tangerang, khusus dibuka untuk mereka warga yang ber-KTP Kota Tangerang.

Pada virtual job fair bulan ini, ada 3.541 lowongan kerja dengan 132 formasi jabatan dari 30 perusahaan. Menyajikan 1.573 lowongan untuk lulusan tingkat SMA, 781 lowongan untuk lulusan Diploma Tiga (D3), 985 lowongan untuk lulusan Strata Satu (S1).

“Virtual job fair edisi September ini merupakan event yang ke 37 kalinya, sejak September 2020. Hingga saat ini, virtual job fair telah menyerap tenaga kerja sebanyak 18.944 orang dengan rincian 17.609 warga Kota Tangerang dan 1.335 warga luar Kota Tangerang,” paparnya.(ray/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler