Federer Hadang Nadal Pecahkan Rekor Rod Laver

Jika Nadal Bisa Juara Empat Kali Beruntun

Senin, 17 Januari 2011 – 19:46 WIB
MELBOURNE - Roger Federer mengawali turnamen grand slam pembuka 2011, Australia Terbuka yang dimulai hari ini (17/1), dengan jemawaPetenis asal Swiss itu bertekad mempertahankan gelar juara pada turnamen yang dihelat di hard court di Melbourne Park itu.

Sesumbar itu jelas tak mudah

BACA JUGA: Silvio Berlusconi Bantah Dugaan Affair

Di atas kertas, Rafael Nadal akan menjadi seteru yang tak mudah dikalahkan
Maklum, penampilan Federer kurang apik setahun lalu

BACA JUGA: Robben Kembali, Ribery Cedera Lagi

Dari empat grand slam, dia hanya sanggup meraih satu gelar juara, di Australia Terbuka


Namun jika benar Federer sanggup menjadi jawara, petenis yang kini berada di urutan kedua ATP (Asosiasi Tenis Pria) itu bakal sukses menjegal dominasi Nadal pada tiga grand slam terakhir

BACA JUGA: Zanetti Samai Rekor Bergomi

Selain itu, koleksi juara kelima Australia Terbuka juga bakal menjadi miliknya.

Ya, Nadal bakal mencetak sejarah jika sanggup meraih gelar juara Australia Terbuka 2011Petenis Spanyol itu akan sejajar dengan petenis Australia, Rod LaverNadal akan menjadi petenis yang membukukan empat kali gelar juara grand slam secara berurutan pada musim yang berbedaJulukan pun sudah disiapkan untuknya, yakni Rafa SlamPrestasi itu pernah dicapai Laver pada 1969, yang berarti sudah 42 tahun lalu belum terpecahkan dan Nadal berkesempatan mendapatkannya kali ini.

Penampilan Nadal memang sungguh fenomenal tahun laluDia sukses menahbiskan diri menjadi jawara pada tiga grand slam berturut-turut, dari Prancis Terbuka, Wimbledon, sampai Amerika Serikat (AS) TerbukaItu menunjukkan kehebatannya tampil di court jenis apapunTorehan itu sekaligus mencatatkan Nadal sebagai peraih sembilan trofi grand slam.

Istimewanya lagi, kemenangan di Roland Garros menjadikan Nadal sebagai petenis nomor satu duniaSukses itu sekaligus menjegal dominasi Federer dan melemparkannya sebagai petenis nomor dua duniaFederer juga semakin terpuruk pada turnamen itu, karena dia terhenti di perempat final yang menjadikan rekornya melaju ke semifinal grand slam selama 23 kali nerturut-turut terhenti.

"Ini akan menjadi salah satu Australia Terbuka paling menarik untuk melihat apa yang bisa dilakukan RafaKalau saya berkesempatan untuk menghentikan dia, tentu akan saya lakukan," ujar Federer kepada Associated PressPada babak pertama, Federer dihadang petenis Slovakia Lacko Lukas.

Justru Nadal yang berpeluang mencetak sejarah, bersikap santaiApalagi kondisinya tak benar-benar fitPetenis berusia 24 tahun itu baru saja diserang flu"Kondisi saya sudah lebih baik daripada beberapa waktu lalu, sangat positif-lah untuk menghadpai pertandingan nantiSaya berharap tak akan menjadi masalah nanti di laga pertama," tutur dia.

Nadal juga enggan berkomentar tentang peluang untuk membuat sejarah itu"Lebih baik dilanjutkan dengan diskusi yang lain sajaSoalnya, serius, ini bukan pertanyaan yang mudah dijawab," tutur NadalLagipula, dia berpikir, lebih baik fokus untuk mendapatkan kemenangan tanpa memikirkan pemecahan rekor.

Di sektor wanita, petenis Denmark Caroline Wozniacki bakal bersua petenis Argentina Gisela DulkoSeharusnya, Wozniacki bisa menjadikan Australia Terbuka 2011 ini sebagai ajang pembuktian kualitasnya sebagai petenis nomor satu WTA (Asosiasi Tenis Wanita) sebagai jawaraMaklum, meski menduduki peringkat pertama, belum sekalipun petenis berusia 20 tahun itu memenangi grand slam.

Namun Wozniacki tetap tak mau dianggap remeh"Saya memenangkan enam turnamen tahun laluSaya tak perlu membuktikan apapun," ujar dia.

Sementara, petenis lain yang banyak mendapat sorotan adalah Maria SharapovaPetenis Rusia yang pernah berada di urutan pertama dunia itu ditantang wakil Thailand Tamarine Tanasugarn, di babak pertama(vem)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persisam Kubur Sriwijaya FC


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler