Fenomena Jokowi Diprediksi Berlanjut di Pilpres

Selasa, 18 Juni 2013 – 19:47 WIB
JAKARTA - Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda mengaku Joko Widodo adalah tokoh yang fenomenal. Jauh dari Solo, Jawa Tengah, bekas wali kota itu akhirnya terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta mengalahkan calon petahana Fauzi Bowo.

Fenomenal ini juga berindikasi akan berlanjut pada Pemilihan Presiden (Piplres) 2014 mendatang. Menurut Hanta, meski sosok pria yang akrab disapa Jokowi itu biasa-biasa saja tapi memiliki daya magnet elektoral.

"Ya biasa saja tren itu. Seperti saya katakan sejak awal, memang Jokowi fenomenal. Menurut saya dia punya magnet elektoral," ujar Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda (Selasa, 18/6).

Hanta mengatakan untuk menuju RI-1, Jokowi memang punya kelebihan sehinggga digandrungi masyarakat. "Pertama, dia banyak menghadirkan alternatif. Dia antitesa dari Presiden Yudhoyono. Cara dia berpolitik dianggap publik autentik, asli, muncul apa adanya," ungkapnya.


Kedua, Jokowi punya panggung politik saat ini, yaitu sebagai orang nomor satu di Ibukota. Karenanya, apa yang ia lakukan mendapat sorotan banyak media.

"Dia diuntungkan pemberitaan media. Karena dia punya momentum untuk diberitakan. Dia sekarang media darling. Karena media sangat memberikan pengaruh pada persepsi publik, dia diuntungkan dengan itu. Sehingga popularitas dan elektabilitasnya menanjak terus. Jadi kloplah itu," tandas Hanta.

Dukungan terhadap Jokowi untuk nyapres memang makin menguat. Sabtu (15/6) lalu relawan Jokowi ngumpul di Bandung menggelar kongres membentuk simpul relawan Jokowi for President. Jokowi akan dipaksa untuk maju pada pemilihan presiden 2014 mendatang.

Jauh sebelumnya, Board of Advisor, Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jeffrie Geovanie, sudah memprediksi jutaan orang Indonesia akan memaksa Jokowiuntuk bersedia maju. Menurut Jeffrie, dukungan itu akan disampaikan secara bergelombang alamiah oleh rakyat Indonesia selambat lambatnya November tahun ini.

“Jokowi menjadi harapan baru untuk masyarakat. Ini bukan tanpa alasan, karena Jokowi tampil menjadi sosok yang tanggap dan cepat mengatasi persoalan masyarakat,” ujarnya.

Lebih jauh Jeffrie menjelaskan, jawaban Jokowi yang mengaku enggan memikirkan kursi presiden di tahun 2014 mendatang adalah sikap yang tepat. ”Justru jawaban-jawaban Jokowi bahwa dia tidak memikirkan capres 2014 dan hanya memikirkan tanggung jawabnya untuk membenahi kota Jakarta adalah pilihan jawaban yang tepat dan benar. Jokowi memang tidak harus memikirkan apalagi mendesain agar dirinya jadi capres 2014,” kata Jeffrie. (awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Luncurkan Laporan The New Global Partnership

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler