Ferrari Ogah Disamakan dengan Mercedes

Minggu, 02 Juni 2013 – 20:18 WIB
LONDON - Kasus percobaan ban yang dilakukan Mercedes sebelum balapan Formula 1 seri Monaco juga menyeret tim Ferrari. Tim Kuda Jingkrak tersebut disinyalir juga melakukan tes rahasia seperti yang dilakukan Mercedes.

Meski begitu, Ferrari langsung menyampakan bantahan. Mereka menganggap tes yang dilakukan di sirkuit Katalunya tak melanggar ketentuan. Sebab, mereka menggunakan mobil yang dipakai pada balapan musim 2011.

Hal tersebut berbeda dengan apa yang dilakukan Mercedes. Saat uji coba ban tersebut, Mercedes menggunakan mobil yang dipakai untuk balapan musim ini. Ferrari berpegangan pada peraturan FIA nomor 22 yang menyebutkan bahwa uji coba tak diijinkan menggunakan mobil yang dipakai musim ini atau musim sebelumnya.

Berdasarkan aturan tersebut, Ferrari menganggap bahwa apa yang mereka lakukan di Katalunya adalah sah. Apalagi, FIA juga tak melarang bagi setiap tim untuk melakukan uji coba ban asalkan menggunakan mobil yang sudah dipakai dua musim sebelumnya.

“Dengan adanya banyak komentar dan penerjemahan dalam beberapa waktu terakhir, Ferrari memutuskan untuk tidak banyak berkomentar. Semua pertanyaan menganai uji coba tersebut bisa dilihat di artikel nomor 22 mengenai regulasi olahraga. Di situ disebutkan adanya larangan menggunakan mobil musim ini atau musim sebelumnya untuk melakukan uji coba ban saat season sedang berlangsung,” demikian bunyi pernyataan resmi Ferrari seperti yang tertuang dalam situs resminya, Minggu (2/6).

Ferrari hanya mengatakan bahwa mereka sudah melakukan hal yang legal dalam uji coba tersebut. Artinya, mereka tak melakukan kesalahan mengenai uji coba yang sudah dilakukan di Katalunya.

“Ini adalah tentang aspek dasar. Selain hal tersebut, semuanya tidak relevan lagi,” tegas Ferrari. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Jadwal Latihan Timnas Jelang Laga Belanda

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler