Festival Dongeng 2021 Diharapkan jadi Inspirasi Orangtua Mendongeng dengan Anak-Anak

Minggu, 28 November 2021 – 18:04 WIB
Festival Dongeng Internasional Indonesia 2021. Foto: instagram/ayodongeng_ind

jpnn.com, JAKARTA - Komunitas Ayo Dongeng Indonesia kembali menggelar Festival Dongeng Internasional Indonesia 2021 (#FDII2021).

Mengusung tema 'Kisah Petualangan Baru', festival itu diselenggarakan secara virtual, mengingat Indonesia pandemi masih belum selesai.

BACA JUGA: Dongeng Indah Denmark Berlanjut Usai Jegal Langkah Ceko di 8 Besar EURO 2020, Begini Ceritanya

#FDII2021 akan hadir untuk keluarga di rumah dengan jangkauan yang lebih luas, menggunakan media YouTube dan Instagram.

Acara puncak itu sendiri dimeriahkan bersama peringatan hari Dongeng Nasional yang jatuh pada, Minggu (28/11).

BACA JUGA: Yuk, Simak Dongeng Bahagia di Rumah Lewat #FDII2020

Acara itu disiarkan langsung diakun pribadi Ayo Dongeng Indonesia di YouTube dan dan live di Instagram.

"#FDII2021 kali ini terasa lebih spesial karena Ayo Dongeng Indonesia merayakan ulang tahunnya ke sepuluh pada 3 Desember 2021. Satu Dekade Ayo Dongeng Indonesia," ungkap Ketua Komunitas Ayo dongeng Indonesia Tiwi dalam siaran persnya, Minggu (28/11).

Dia menambahkan, Hari Dongeng Nasional selalu diadakan pada tanggal 28 November. Sebab, tanggal itu merupakan kelahiran Drs. Suyadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden.

BACA JUGA: Festival Lumbung Mataraman Yogyakarta Diharapkan Bisa Penuhi Ketersediaan Pangan

Pak Raden merupakan tokoh berjasa dalam dunia dongeng di Indonesia, karena karya beliau yang ramah ditelinga pada masa kecil.

Selain itu, #FDII2021 akan diramaikan oleh lima Pendongeng Internasional yaitu Cem Mustafa dari Turki, Giorginia dari Romania, Cassandra Wyedari Inggris, Kak Aiodari Indonesia, dan Pak Bagong Subardjo dari Indonesia.

Kelima pendongeng itu akan membawakan Kisah petualangan baru dengan keunikannya masing-masing.

FDII2021 dimulai sejak l6 November dikemas dengan berbagai rangkaian di antaranya pesta Upakyana-Rumah Dongeng Mentari Yogyakarta, Festival Dongeng Maluku–HekaLeka, Festival Kariaan Carita Barudak–Jawa Barat, Festival Rupama (Pendongeng Kertas)–Sulawesi Selatan, dan Festival Dongeng Bali– Bali Mendongeng.

Ada juga Sorong Mendongeng–Buku Untuk papua, Festival Molaolita Mendongeng di Poso–Mosintuwu, Festival Dongeng Aneuk Aceh–KANOE, Festival Minang Bacarito–AMBO, Festival Dongeng Surabaya (Nawal Sang Raja)– Kumpul Dongeng, dan Dudu Malingkar–Bacarita NTT.

Acara Puncak #FDII2021 juga dimeriahkan oleh banyak pendongeng istimewa, di antaranya Kak Heru, Bapak I Made Taro, Cilid n Cildri Desa Timun, Teater Boneka Ayo DI, Puppetaria, The Nest, dan Penutur Nusantara.

Selain itu, #FDII2021 juga oleh Kak Ria Enes & Suzan hingga Bonita dan Adoy yang merupakan pasangan musisi, sekaligus penggagas Festival Musik Rumah.

Terakhir, ada Reda Gaudiamo, Penulis buku NaWilla. Selain menulis, Reda Gaudiamo juga berkarya melalui musik.

Kejutan lain yang tentunya akan dihadirkan pada #FDII2021 ini adalah peluncuran Buku Cerita Bergambar Ayo Dongeng Indonesia "Kisah Petualangan Baru".

Kegiatan festival itu diharapkan menjadi inspirasi bagi semua orang tua dan pendidik diseluruh Indonesia untuk terus bercerita, mendongeng bagi anak-anak.

Sebab, imajinasi tidak akan pernah berhenti dan terbatas oleh ruang dan waktu. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kominfo: Festival Bagimu Tanah Papua, Satukan Keberagaman Indonesia


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler