FFD Program CSA Bantu Petani Jember Tingkatkan Produktivitas Ramah Lingkungan

Selasa, 04 Oktober 2022 – 19:02 WIB
Panen padi inpari nutrizink di Kabupaten Jember sekaligus kegiatan farm field day (FFD). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JEMBER - Farm Field Day (FFD) merupakan kegiatan antara petani, penyuluh, peneliti serta stakeholder lainnya saling bertukar informasi dalam mengembangkan sektor pertanian.

Baru-baru ini di Kabupaten Jember sebagai penerima manfaat Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) telah melaksanakan FFD berbarengan dengan panen padi inpari nutrizink.

BACA JUGA: Lewat FFD Program CSA, Petani Purworejo Optimistis Tingkatkan Produktivitas

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pertanian cerdas iklim atau CSA program SIMURP memiliki dampak yang positif untuk pertanian.

CSA SIMURP bisa meningkatkan produktivitas produksi tanaman, meningkatkan IP serta pendapatan petani di daerah irigasi dan daerah rawa lokasi SIMURP.

BACA JUGA: Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak, Polisi Temukan Fakta Mengerikan

"SIMURP mengajarkan banyak hal kepada petani. Khususnya bagaimana melakukan pertanian pintar dalam menghadapi perubahan iklim. Termasuk cara mengantisipasi dan menangani penyakit tanaman. SIMURP juga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” ujar Mentan Syahrul.

Secara terpisah Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan FFD merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antarpetani, peneliti, dan penyuluh untuk saling bertukar informasi.

BACA JUGA: 2 WN China Petinggi Perusahaan Batu Bara Dibantai Pakai Parang

"Khususnya tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan mendapatkan umpan balik dari petani mengenai masalah dan hambatan yang dihadapi dalam bertani," katanya.

Dedi menambahkan pertanian cerdas iklim atau CSA program SIMURP memiliki dampak yang positif untuk pertanian.

"CSA SIMURP bisa meningkatkan produktivitas produksi tanaman yang ramah lingkungan serta meningkatkan pendapatan petani," kata dia.

"Kementan melalui BPPSDMP akan terus mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan dengan memaksimalkan BPP Kostratani sebagai acuan untuk menciptakan pertanian yang tangguh menghadapi krisis iklim saat ini," tegas Dedi.

Menurut seorang petani di Desa Sanenrejo, Kabupaten Jember, Kerdis, FFD CSA SIMURP memberikan dampak yang siginifikan terhadap peningkatan produktivitas petani.

Terbukti pada giat FFD di Kelompok Tani Dewi Sri, Desa Sanenrejo Kabupaten Jember dengan ubinan 2.5 x 2,5 diperoleh hasil mencapai 5,690 kilogram untuk jenis varietas nutrizink.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jember Imam Sudarmaji menyampaikan bahwa dengan adanya program SIMURP petani lebih memahami dan lebih tahu lagi mengenai unsur hara tanah, Ph tanah yang diterapkan untuk menciptakan pertanian yang ramah lingkungan.

FFD dan panen di lokasi sekolah lapangan (SL) juga merupakan salah satu kegiatan dari SIMURP.

Kegiatan ini dilakukan untuk menggali potensi, masalah dan hambatan yang ditemui oleh para petani dalam melaksanakan kegiatan usaha tani.

"Varietas padi nutrizink ini dipilih karena memiliki kandungan zinc yang tinggi sehingga berpotensi mengurangi terjadinya stunting," katanya. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apa Alasan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Gugat Cerai Dedi Mulyadi? Ini


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler