FIA Gelar Perebutan Trofi Pole Position

Sabtu, 14 Desember 2013 – 05:25 WIB

jpnn.com - PARIS - Pertarungan Formula 1 musim depan bakal semakin seru. Selain kebijakan poin ganda di seri final, federasi balap mobil internasional (FIA) juga menggelar perebutan trofi pole position. Para pemenang akan ditentukan dari berapa banyak dalam setahun mereka berada di posisi terdepan.

Keputusan itu sudah digodok FIA sejak awal bulan ini. Namun, mereka baru mengumumkan penerapannya pada Rabu (12/12) lalu waktu setempat. Mereka juga mengumumkan bahwa jika jumlah pole position seorang pembalap sama dengan pembalap lainnya, maka pemenang ditentukan siapa yang paling banyak berada di peringkat kedua. "Begitu seterusnya sampai bisa menentukan pemenang," tulis Autosport mengutip FIA.

BACA JUGA: Ajang Show Soldado

Jika aturan itu diterapkan sejak lima tahun belakangan, maka pembalap Red Bull Sebastian Vettel akan tetap mendominasi. Dia bakal memenangkan empat trofi pole position pada 2009, 2010, 2011, dan 2013. Hanya pada 2012 Vettel absen meraihnya karena direbut pembalap Mercedes Lewis Hamilton.
    
FIA juga menerapkan sistem penalti poin. Aturan tersebut membuat seorang pembalap akan dilarang tampil dalam satu seri jika mengakumulasi poin penalti hingga 12 poin. "Poin penalti akan terus dibawa pembalap selama 12 bulan. Setelah itu, baru poin itu akan dihilangkan," tulis FIA. (aga)

BACA JUGA: Ronaldo Kalahkan Messi

BACA JUGA: Kalah Terus, Pia/Rizky Mengaku Puas

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cedera, Sony Dwi Kuncoro Pilih Mundur


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler