Filipina vs Indonesia: Gagal Menang Tebal, Ini Pernyataan Shin Tae Yong, Alamak!

Selasa, 03 Januari 2023 – 04:50 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong kecewa lantaran skuad Garuda hanya menang tipis atas Filipina pada laga Grup A Piala AFF 2022. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MANILA – Filipina vs Indonesia: Gagal Menang Tebal, Ini Pernyataan Shin Tae Yong, Alamak!

Timnas Indonesia menang tipis atas Filipina dengan skor 1-2 pada pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1).

BACA JUGA: Timnas Indonesia Menang, Striker Brasil Richarlison Mengapresiasi Marselino Ferdinan

Dua gol Timnas Indonesia tercipta dari sundulan Dendy Sulistyawan dan sodokan kaki Marselino Ferdinan pada babak pertama.

Filipina memperkecil kedudukan melalui Sebastian Rasmussen pada paruh kedua.

BACA JUGA: Filipina vs Indonesia: Josep Ferre Ungkap Penyebab The Azkals Kebobolan 2 Gol, Oalah

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong terang-terangan mengaku kecewa berat skuadnya cuma menang dengan skor 2-1 atas Filipina.

"Saya sangat tidak puas dengan pertandingan itu dan sangat tidak senang," ujar Shin Tae Yong dalam konferensi pers susai pertandingan.

BACA JUGA: Klasemen Akhir Grup A Piala AFF 2022: Kalahkan Filipina, Indonesia Gagal Salip Thailand

Juru taktik asal Korea Selatan itu murka lantaran anak-anak asuhnya tidak dapat menciptakan gol tambahan dari banyaknya peluang.

Timnas Indonesia gagal mewujudkan target menjadi juara Grup A Piala AFF 2022.

Statistik Pertandingan Filipina vs Indonesia

Berdasarkan statistik resmi Piala AFF 2022, Indonesia membuat total 16 tendangan, dengan tujuh di antaranya tepat sasaran dan sembilan melenceng.

Angka tersebut jauh lebih baik daripada Filipina yang membuat delapan tembakan, di mana cuma empat yang menuju target.

"Mulai dari pertandingan pertama melawan Kamboja, saya menegaskan kepada pemain agar mencetak gol ketika mendapatkan peluang. Hari ini ternyata sama, kami tidak bisa memanfaatkan peluang dengan baik padahal performa terus meningkat. Saya kecewa dan ini harus dievaluasi," cetus Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai peringkat kedua (runner up) Grup A setelah menundukkan Filipina dengan skor 2-1 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin.

Timnas Indonesia (selisih gol +9) berada di peringkat kedua Grup A lantaran kalah selisih gol dari Thailand (+11) dengan sama-sama berpoin 10. Thailand, pada saat bersamaan, mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1.

Di fase empat besar, Indonesia akan berjumpa dengan juara Grup B pada 6 Januari 2023 dengan leg pertama digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Leg kedua di kandang lawan, 9 Januari 2023.

Grup B belum dapat menentukan posisi akhir klasemen karena tiga tim yang berpotensi melaju ke semifinal yakni Vietnam (peringkat satu, tujuh poin, selisih gol +9), Singapura (peringkat dua, tujuh poin, selisih gol +3) dan Malaysia (peringkat ketiga, enam poin dan selisih gol +3), baru akan bertanding pada Selasa (3/1).

Hari ini, Vietnam akan melawan Myanmar di Hanoi dan Malaysia berjumpa Singapura di Kuala Lumpur. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler