Final ATP Cup 2020: Serbia Vs Spanyol, Djokovic Ketemu Nadal

Minggu, 12 Januari 2020 – 08:23 WIB
Spanyol dan Serbia ketemu di final ATP Cup 2020. Foto: Twitter @ATPCup

jpnn.com, SYDNEY - Laga impian di final ATP Cup 2020 akhirnya kesampaian; Serbia versus Spanyol. Ada pertemuan Novak Djokovic melawan Rafael Nadal.

Spanyol keluar sebagai penantang Serbia setelah mengalahkan Australia 3-0 pada semifinal di Ken Rosewall Arena, Sydney, Sabtu (11/1) malam.

BACA JUGA: Inilah 8 Kontestan Perempat Final ATP Cup 2020

Roberto Bautista Agut dan Rafael Nadal menjadi kunci keberhasilan Spanyol melalui kemenangan dua partai tunggal, ditambah partai penutup di nomor ganda dari pasangan Pablo Carreno Busta/Feliciano Lopez.

Agut melancarkan jalan Spanyol untuk memimpin 1-0 dengan mengalahkan Nick Kyrgios 6-1, 6-4. "Nick punya bakat yang bagus, mengalahkannya dalam dua set berarti saya bermain dengan baik. Strategi saya memang menempatkannya pada tekanan di setiap poin dan membuatnya bekerja keras di tiap set," kata Agut di laman ATP.

BACA JUGA: Semifinal ATP Cup 2020 Hari Ini, Serbia vs Rusia, Australia Ketemu Spanyol

BACA JUGA: ATP Cup 2020: Kanada Pukul Yunani, Belgia Libas Moldova

Pada partai kedua, giliran petenis nomor satu dunia Rafael Nadal yang menghadapi wakil tuan rumah Alex de Minaur. Nadal tidak mendapat kemenangan secara mudah dari De Minaur. Nadal harus menghabiskan dua jam 13 menit untuk menyudahi permainan De Minaur dan mencatatkan skor 4-6, 7-5, 6-1.

"Saya kesulitan pada awal pertandingan karena Alex bermain dengan pukulan tinggi, di saat yang sama tenaga saya juga sedikit lemah dibanding biasanya. Kemarin saya bermain keras untuk waktu cukup lama," kata Nadal.

Pada partai ganda, Busta/Lopez melengkapi kemenangan bagi Spanyol menjadi 3-0 dengan mengalahkan John Peers/Chris Guccione 6-2, 6-7(6), 10-4.

Sebelumnya, Serbia menjadi tim pertama yang lolos ke final setelah menyingkirkan Rusia 3-0 pada semifinal yang berlangsung di Ken Rosewall Arena, Sydney Australia, Sabtu siang.

Novak Djokovic yang menjadi andalan tim Serbia kembali menjadi penentu kemenangan usai mencetak angka pada partai kedua kala menghadapi petenis Rusia Daniil Medvedev.

Petenis peringkat dua dunia ini menundukkan Medvedev 6-1, 5-7, 6-4 dalam waktu dua jam 47 menit, demikian dilaporkan laman resmi ATP.

"Menarik, melelahkan, menyenangkan, semua jadi satu. Kami tidak pernah keluar dari kotak lapangan jadi banyak reli dan sangat melelahkan. Pertandingan yang tidak hanya menggunakan fisik tapi juga kekuatan mental," kata Djokovic.

Djokovic bisa menjadi penentu kemenangan juga berkat angka yang sudah didapat oleh Serbia pada partai pertama, di mana Dusan Lajovic mengatasi Karen Khachanov dengan dua set langsung 7-5, 7-6 (1) selama satu jam 48 menit.

Lajovic begitu menikmati permainannya pada partai pembuka dengan diwarnai sorakan dukungan dari penggemarnya yang merupakan bagian komunitas Serbia di Australia. Secara teori, Khachanov yang sempat menjadi finalis Monte Carlo Masters (ATP 1000) lebih unggul dari Lajovic. Namun wakil Serbia ini nyatanya bisa memenangi seluruh tiga pertemuan dengan Khachanov.

"Saya senang bisa menang dua set dengan tiebreak, selalu ada peluang untuk ini. Terlebih sebelumnya saya menang dengan tiebreak sebanyak dua atau tiga kali, jadi saya lebih percaya diri sekarang. Kalau pun saya kalah, masih ada Djokovic yang di nomor tunggal atau nomor ganda yang jadi penentuan," kata Lajovic.

Sedangkan pada sektor ganda yang menjadi partai penutup, pasangan Serbia Nikola Cacic/Viktor Troicki melengkapi kemenangan 3-0 bagi timnya setelah mematahkan serangan Teymuraz Gabashvili /Konstantin Kravchuk dengan skor 6-4, 7-6(7).

Duel Serbia vs Spanyol akan digelar di Ken Rosewall Arena, Sydney hari ini mulai pukul 14.30 WIB. (antara/jpnn)

Final ATP Cup 2020:

wiki


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler