Final EURO 2024 Spanyol vs Inggris: Rodri Mengemban Peran Kunci sebagai 'Komputer'

Sabtu, 13 Juli 2024 – 10:55 WIB
Gelandang Timnas Spanyol, Rodri merayakan kemenangan La Roja atas Italia pada pertandingan kedua grup B Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat dini hari WIB (21/6/2024). ANTARA/AFP/Patricia De Melo Moreira/pri.

jpnn.com - JAKARTA - Final EURO 2024 mempertemukan Spanyol vs Inggris di Berlin, Jerman, pada Senin (15/7) dini hari WIB.

Rodrigo Hernández Cascante atau Rodri akan mengemban peran penting pada pertandingan Spanyol bertemu Inggris.

BACA JUGA: Berapa Hadiah Uang Juara EURO 2024?

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente bahkan menyebut gelandang berusia 28 tahun itu ibarat "komputer" yang bisa menjalankan taktik sepak bola di atas lapangan layaknya sebuah program komputer.

"Kami punya Rodri sebagai komputer yang sempurna. Dia mengatur segalanya, emosi, semua momen dengan cara yang sistematis. Cara dia sangat membantu semua orang," kata De la Fuente sebagaimana diwartakan AFP pada Sabtu WIB.

BACA JUGA: EURO 2024: Sepatu Emas di Depan Mata, Dani Olmo tak Ambil Pusing

Rodri sudah memperkuat Tim Matador sejak 2018, tetapi tidak menemukan performa terbaiknya karena ditempatkan sebagai pemain bertahan, bukan di posisi terbaiknya sebagai gelandang.

Pemain Manchester City itu akhirnya mendapatkan posisi yang semestinya di era kepelatihan Luis de la Fuente.

BACA JUGA: Bonus Besar Menanti Jude Bellingham Jika Inggris Juara EURO 2024

Dengan menjadi gelandang, Rodri bisa mengatur serangan, membaca pertandingan sekaligus mengorganisasi lini belakang.

"Dia mendikte permainan dengan cara dia bermain. Saya merasa Rodri adalah kunci utama permainan mereka,” kata striker Inggris Ollie Watkins dalam konferensi pers, Jumat (12/7).

Bek Real Madrid dan timnas Spanyol Dani Carvajal bahkan sangat mengagumi Rodri dan memintanya meninggalkan Manchester City untuk memperkuat Los Blancos. "Saya sering memintanya untuk datang ke Madrid,” kata Carvajal. "Saya berkata kepadanya 'tinggalkan Manchester, tidak ada matahari di sana dan datanglah ke Madrid, kami membutuhkanmu'," kata Carvajal.

Di sisi lain, Rodri memastikan belum ingin meninggalkan Manchester City yang diperkuatnya sejak meninggalkan Atletico Madrid pada 2019. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler