Final Piala AFF 2020 Indonesia vs Thailand: Pasukan Garuda Dapat 2 Kabar Baik

Selasa, 28 Desember 2021 – 07:22 WIB
Para pemain timnas Indonesia saat laga melawan Malaysia di matchday terakhir fase grup Piala AFF 2020. Foto: AFFSuzukiCup.

jpnn.com, SINGAPURA - Timnas Indonesia bakal menantang Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (29/12).

Jelang laga itu, pasukan Garuda mendapat dua kabar baik yang bisa menjadi pelecut semangat di lapangan.

BACA JUGA: Awas! Aksi Terselubung Pelatih Thailand Ini Bisa Mengancam Timnas Indonesia

Pertama, Thailand tidak akan diperkuat dua pemain andalannya, yakni full back Theerathon Bunmathan dan kiper Chatchai Budprom.

Theeraton harus absen lantaran menerima hukuman akumulasi setelah selalu mendapat kartu kuning pada dua laga melawan Vietnam di semifinal.

BACA JUGA: Tegas! Shin Tae Yong Ancam Coret Asnawi Mangkualam dari Timnas Indonesia Gegara Ini

Adapun Budprom terpaksa menepi karena mengalami robek pada bagian anterior cruciate ligament (ACL) setelah salah berpijak saat melakukan perebutan bola dengan pemain Vietnam, Nguyen Tien Lienh.

Cedera Budprom, bahkan bisa dikatakan cukup parah. Hal itulah yang diungkap langsung oleh Pelatih Thailand, Alexandre Polking.

BACA JUGA: Timnas Indonesia vs Thailand: Gajah Perang Pincang, 2 Pemain Penting Menepi

"Kabar sedih bagi Thailand. Kami kehilangan Chatchai yang mengalami cedera dan tampaknya cukup parah," terang Polking dikutip dari Siam Sport.

Kabar baik berikutnya bagi timnas Indonesia ialah soal masa depan Shin Tae Yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu dipastikan akan tetap menakhodai Asnawi Mangkualam dan kolega apa pun hasilnya di final Piala AFF 2020 nanti.

Kontrak Shin Tae Yong akan kedaluwarsa pada 2023 mendatang.

Pada awalnya, juru taktik asal Korea Selatan itu didatangkan untuk memimpin Garuda Muda di Piala Dunia U-20 yang sedianya berlangsung di Indonesia tahun ini, tetapi ditunda hingga 2023.

"Shin Tae Yong aman. Saya menjamin itu," kata Menpora Zainudin Amali setalah penyerahan penghargaan kepada pelaku olahraga berprestasi di Jakarta, Senin (27/12).

Sekarang, publik tinggal menunggu bagaimana tangan dingin Shin Tae Yong bisa menyulap skuad Garuda yang mayoritas diisi pemain muda bisa menjuarai Piala AFF 2020 melawan Thailand yang dihuni pemain sarat pengalaman.

Laga timnas Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020 bakal berlangsung dalam dua leg. 

Duel pertama digelar pada Rabu (29/12), dan pertandingan berikutnya bergulir Sabtu (1/1). Semua laga dihelat di National Stadium, Singapura.(antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler