Fitra Amanah Wisata Bangun Kertajati Umrah Park, Terbesar di Jawa Barat

Jumat, 15 Desember 2023 – 20:13 WIB
Penandatanganan kerja sama antara Fitra Amanah Wisata dengan Pemkab Majalengka. Foto: Fitra Amanah

jpnn.com, JAKARTA - PT. Fitra Amanah Wisata (Group Hotel Fitra International Tbk), bekerja sama dengan Pemkab Majalengka membangun kawasan religi terpadu bernama Kertajati Umrah Park.

Pembangunan Kertajati Umrah Park bertujuan mengoptimalkan daya guna dan hasil guna properti milik pemerintah daerah Majalengka, yang memiliki nilai investasi dan dapat meningkatkan pendapatan daerah.

BACA JUGA: Ribuan Warga Hadir dan Meriahkan Galih Fun Walk Majalengka

Kedua belah pihak sepakat lahan seluas 9,3 hektare akan dimanfaatkan pihak Fitra Amanah Wisata untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata religi seluas empat hektare di wilayah Kertajati Majalengka, Jawa Barat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan pada 14 Desember 2023 yang dihadiri ratusan undangan, mulai dari Direksi dan Manajemen Fitra Amanah Wisata, hingga jajaran Pimpinan Pemkot Majalengka-Cirebon-Subang.

BACA JUGA: Apresiasi Karyawan Berprestasi, PNM Beri Hadiah Wisata Religi ke Vatikan

“Rencananya kami akan membangun Kertajati Umrah Park Majalengka berikut sarana dan prasarana penunjangnya di atas tanah milik Pemkab Majalengka. Target proyek paling lama 24 bulan sejak keluarnya perizinan,” ungkap Direktur PT Fitra Amanah Wisata Tomi Tris, dalam keterangannya, Jumat (15/12).

“Bagi kami, kawasan wisata religi ini akan menjadi satu-satunya dan terbesar di wilayah Jawa Barat. Proyek ini sangat prospektif sejalan dengan mulai beroperasinya Bandara Internasional Kertajati, khususnya untuk mengangkut jamaah haji dan umrah."

BACA JUGA: Pegadaian Berangkatkan 145 Karyawan untuk Melakukan Wisata Religi

Menurut Tomi, pengembangan awal lahan seluas 4 hektare itu akan difungsikan menjadi pelatihan manasik haji dan dilengkapi sejumlah fasilitas, seperti masjid, restoran, pusat kuliner atau pujasera, area bazaar, gedung serba guna dan tempat wisata.

“Konsep yang kami tawarkan di kawasan wisata religi tentunya bernuansa Islami sekaligus menjadi kawasan edukasi yang terpadu di Majalengka," imbuh dia.

Lebih lanjut Tomi mengatakan langkah-langkah strategi yang kami lakukan untuk mempercepat pembangunan Kertajati Umrah Park Majalengka, yaitu memperkenalkan proyek ini ke sejumlah pihak terkait.

Nilai investasi yang digelontorkan untuk pengembangan proyek Kertajati Umrah Park Majalengka sebesar Rp 50 miliar.

“Bagi kami proyek Kertajati Umrah Park Majalengka merupakan peluang bisnis menjanjikan bagi Fitra Amanah Wisata sebagai operator pengembangan kawasan religi. Dalam pengelolaannya nanti, kami terbuka untuk menggandeng pihak lain. Kami diberikan kewenangan mengelola proyek ini selama 30 tahun,” tegas Tomi.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan agar pemanfaatan lahannya berhasil dan berdaya guna, pemkab bersinergi dengan pihak swasta.

Dengan begitu, lanjut dia, pengembangan kawasan tersebut tidak hanya dapat mendongkrak sektor perekonomian dan penyerapan tenaga kerja, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, serta meningkatkan pendapatan asli daerah. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamatkan Alam, Ganjar Muda Padjajaran Bikin Aksi Wariskan Hutan di Majalengka


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler