Forum Peduli Demokrasi Papua Pegunungan Desak Pelantikan Komisioner KPUD Segera Dilakukan

Senin, 15 Mei 2023 – 13:25 WIB
Aksi demo dari Forum Peduli Demokrasi Papua Pegunungan yang mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat segera menetapkan 5 Komisioner KPU Papua Pegunungan yang masuk dalam 10 besar oleh tim seleksi di KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/5). Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Forum Peduli Demokrasi Papua Pegunungan mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat segera menetapkan 5 Komisioner KPU Papua Pegunungan yang masuk dalam 10 besar oleh tim seleksi.

Hal itu disampaikan oleh Natalis Logo, koordinator aksi saat melakukan aksi demo di depan KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (15/5).

BACA JUGA: Maju Menjadi Calon DPD RI, Milenial Ini Serahkan Syarat Dukungan ke KPUD NTB

"Kami hari ini mendesak untuk nama-nama yang sudah ditetapkan dalam usulan dari timsel KPU Provinsi Pegunungan segera untuk diproses. Hari inisudah ada ditahapan 10 besar untuk itu segera ditindaklanjuti masuk ke dalam lima besar," kata Natalis kepada wartawan.

Dia menyebutkan tim seleksi itu telah menyerahkan 10 nama ke KPU Pusat untuk dilaksanakan fit and proper test pada 24 Maret.

BACA JUGA: Melirik Lukisan Kulit Kayu yang Keren dari Papua, Sudah Tembus Pasar Global

Walakin, hingga saat ini proses tersebut masih belum terlaksana.

"Padahal sesuai jadwal KPU RI pada tanggal 28 Mei 2023 sudah harus di lakukan pengambilan sumpah janji lima anggota KPU Papua Pegunungan," lanjutnya. 

Dia juga mengaku pihaknya memiliki kecurigaan ada kepentingan beberapa orang sehingga menghambat proses tersebut. 

"Kecurigaan kami ada kepentingan satu dua orang sehingga ini bisa lambat. Sesuai dengan prinsip KPU itu independen dan melihat yang benar serta proses ini harus dijalankan secepatnya," tutur Natalis.(mcr8/jpnn)

Berikut tuntutan lengkap Forum Peduli Demokrasi Papua Pegunungan:

1. Dengan melihat dinamika saat ini terkait dengan mandetnya tahapan seleksi bakal calon Anggota KPU Provinsi Papua Pegunungan di KPU RI, kami dari forum mencium adanya indikasi KPU di intervensi oleh pihak-pihak yang ingin mencoreng nama baik dan kredibilitas kerja-kerja KPU dalam proses seleksi Bakal Calon Anggota KPU Provinsi Papua Pegunungan. Dengan demikian kami mendesak KPU RI hentikan permainan kotor yang tidak bermoral jika ada, demi tegaknya demokrasi yang hakiki di negeri ini.

2. Demi menjaga Kredibilitas dan marwah KPU RI yang bersih dari KKN, kami meminta KPU RI segera melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 nama calon anggota komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan yang telah di ajukan oleh Timsel untuk menentukan dan menetapkan 5 besar sebelum tanggal 28 Mei 2023 sesuai jadwal KPU RI.

3. Mengingat tahapan pendaftaran dan verifikasi faktual lalon anggota legislatif periode 2024- 2029 sedang berjalan, maka kami mendesak KPU RI segerah menindaklanjuti proses 10 besar yang di tetapkan dan di ajukan oleh Timsel KPU Provinsi Papua Pegunungan. Sebagaimana telah tertuang dalam Berita Acara Nomor 013/TIMSELPROV- GEL 1-BA/04/95/2023 Tanggal 24 Maret 2023 Tentang Penetapan Hasil Tes Kesehatan dan Wawancara Bakal Calon Anggota KPU Provinsi Papua Pegunungan Periode 2023 -2028.

4. Kami meminta KPU RI harus professional dan independen dalam menjalankan seluruh jadwal dan tahapan seleksi bakal calon anggota KPU Provinsi Papua Pegunungan yang telah masuk pada tahap menuju 5 besar tanpa ada intervensi dari pihak manapun

5. Mengingat adanya potensi konflik horizontal yang akan terjadi pada saat pemilu dan pascapemilu serta Pilkada 2024, maka kami mendesak KPU RI dalam menentukan dan menetapkan lima besar KPUD Provinsi Papua Pegunungan harus selektif melihat orang orang yang bersi dari kasus pelanggaran pemilu atau kasus kriminal lainnya.

6. Kami akan mendukung penuh KPU RI dalam menjalankan tahapan uji kelayakan dan kepatutan bagi 10 orang nama bakal calon anggota KPU Provinsi Papua Pegunungan yang telah di ajuhkan oleh Timsel, untuk ditentukan dan di tetapkan menjadi Anggota Aktif Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan periode 2023-2028.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Papua   KPU   KPUD   Papua Pegunungan  

Terpopuler