Foto Langka Nirvana Dijual ke Publik untuk Pertama Kalinya

Rabu, 06 Mei 2015 – 06:06 WIB
Foto Langka Nirvana Dijual ke Publik untuk Pertama Kalinya

jpnn.com - SEJUMLAH foto langka milik band grunge legendaris Nirvana dijual ke publik untuk pertama kalinya. Foto-foto itu menampilkan saat berada di kolam renang meniru ikon sampul album mereka yang terkenal sepanjang masa, Nevermind. 

Foto-foto yang akan dipamerkan di Austin Rock Galeri Fotografi Modern Rocks, itu dijepret pada Oktober 1991. Itu sebulan setelah merilis album yang membawa nama Nirvana meroket hingga menjadi bintang serta mengubah musik rock selamanya.

BACA JUGA: Tak Siap Nikah Usia Muda, Aktris Ini Cari Pasangan Seiman

Itu adalah ide fotografer Kirk Weddle. Kurt Cobain, Dave Grohl dan Krist Novoselic yang diminta berenang di kolam renang untuk foto promosi band. 

BACA JUGA: Daniel Mananta Anggap Minuman Jenis Ini Bikin Tenang

Ketiga personel band tersebut diminta meniru ikon sampul album Nevermind yaitu foto bayi laki-laki telanjang berenang menuju uang dolar di kail. 

Weddle mengatakan foto itu diambil pada pagi hari yang sangat dingin di kolam renang sebuah motel pinggir jalan Los Angeles. Padahal saat itu mereka masih kelelahan karena baru menyelesaikan konser.

BACA JUGA: Rayi RAN: Ini Kayak Selingkuhan Saya

"Aku ingat Kurt itu seperti apa, "F***! Aku harus masuk ke kolam renang?"', ujar Weddle mengenang ucapan Cobain seperti dilansir di situs Modern Rocks.

"Dia bukan orang yang suka air sama sekali." Weddle, yang dianggap sebagai salah satu fotografer terbaik di dalam air, kata Cobain pernah tidur siang di trotoar tepi kolam renang.

Tapi akhirnya fotografer mampu meyakinkan personel Nirvana untuk mengambil gambar dengan menukik, berenang bersama gitar dan satu set drum. Weddle berhasil menjepret sekitar 200 gambar. 

Weddle menyebut gambar tersebut merupakan sebuah 'bagian penting dari sejarah musik rock'. "Gambar-gambar ini sangat penting," katanya. 

Mereka menunjukkan sebuah band yang akan mengubah wajah musik, band yang akan menaklukkan dunia, band yang akan merilis satu album paling berpengaruh dari masa ke masa.

Tapi mereka juga menunjukkan sebuah band tur, band yang lelah, band yang mungkin rindu akan sesuatu dan sedikit pemarah juga.

Dan tentunya sebuah band yang baru saja dilempar ke kolam renang di hari libur mereka, karena seseorang dari perusahaan rekaman mengatakan kepada mereka bahwa apa yang harus mereka lakukan. 

Sekilas Weddle bercerita soal sampul Nevermind. Sebelum Nirvana terkenal ia adalah seorang fotografer yang kebanyakan memotret mobil-mobil untuk brosur dan lain-lain. Dan ia sama sekali tidak mengenal Nirvana sebelumnya. 

"Aslinya Kurt (Cobain, vokalis/gitaris) menginginkan gambar seorang anak yang lahir di bawah air, tapi Geffen berpikir itu agak ekstrem. Saya tidak bisa mengatakan dengan yakin bahwa mengejar keuntungan adalah apa yang label incar, tapi kelihatannya seperti itu," katanya.

Maka konsep untuk sampul album tersebut berubah menjadi foto bayi yang sedang berenang. Spencer Elden, bayi laki-laki anak teman Weddle yang ketika itu berusia tiga bulan, adalah model yang terpilih. “Kami memotret Spencer -- sekali celup, memberinya sebuah dorongan kecil, bang bang bang dan jadilah, setengah gulung film,” kata Weddle lagi. 

"Tapi itu sebuah hal yang sulit untuk memberikan hasil ke klien, seperti, ‘Nih fotomu, berikan saya ceknya,’ dan di foto itu juga kelihatan penis."

Akhirnya Weddle memutuskan untuk pergi ke sebuah sekolah tempat bayi-bayi diajari berenang. Kemudian di sana Weddle memilih seorang bayi perempuan untuk ia potret. 

"Label kemudian melihat foto-foto itu dan mereka bilang, ‘Kami ingin penis, kami ingin penis.’ Itu aneh. Saya tidak tahu sama sekali siapa bayi perempuan itu dan di mana dia sekarang. Saya ingin tahu apa yang sekarang terjadi padanya," imbuhnya.

Pada tahun 2007, Spencer Elden pernah menyatakan kepada MTV bahwa ia merasa malu karena telah tampil bugil di sebuah album yang sangat terkenal. "Saya merasa seperti seorang bintang porno terbesar di dunia," katanya. 

Namun demikian, Elden telah dua kali dipotret oleh Rolling Stone -- yang pertama untuk peringatan 10 tahun album Nevermind pada 2001 dan kedua pada tahun 2008 dengan bayaran 1000 dollar Amerika Serikat. (ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hadir di Acara Ini, Ozy Syahputra Langsung Nangis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler