Franky Terserang Kanker Ganas

Sahabat Adakan Malam Amal

Sabtu, 14 Agustus 2010 – 13:34 WIB
PEDULI - Sejumlah musisi saat menggelar konser peduli Tribute To Franky Sahilatua, di Bengkel Kafe, Jakarta, Kamis (12/8) malam. Foto: Fedrik Tarigan/Indopos.
JAKARTA - Penyanyi balada Franky Hubert Sahilatua kini terbaring di Singapore General HospitalPencipta lagu tenar Kemesraan itu harus berjuang melawan kanker ganas yang menyerang sumsum tulang belakangnya

BACA JUGA: Adaptasi Kikan sebagai Solois

Dibutuhkan dana yang tak sedikit untuk membiayai pengobatannya.

Untuk meringankan beban Franky, sejumlah sahabat dan rekan sesama musisi mengadakan malam amal di Bengkel Cafe kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis malam lalu (12/8)
Di antaranya, penyanyi Ebiet G

BACA JUGA: Tiga Berkah Gita Gutawa

Ade, Glenn Fredly, Edo Kondologit, dan presenter Olga Lydia
Tokoh politik, seperti Yenny Wahid dan Sri Sultan Hamengku Buwono X, juga terlihat

BACA JUGA: Giring Nidji Kejar Setoran Nikah

Dari malam donasi itu, terkumpul sedikitnya Rp 52.560.000, USD 6.420 (sekitar Rp 57,5 juta), serta SGD 1.050 (Rp 6,9 juta)Jika ditotal dalam rupiah, sekitar Rp 117 juta.

Kabar Franky sakit mengejutkan banyak orang yang mengenalnyaPria kelahiran Surabaya, 16 Agustus 1953, tersebut tak pernah secara terbuka mengatakan bahwa dirinya sakit parahHingga pada 30 Juli lalu, dia dibawa ke Singapura karena kondisi kesehatan yang memburuk"Jumat, 30 Juli 2010, Franky Sahilatua diterbangkan ke Singapura untuk menjalani perawatan gara-gara sakit ginjal dan kanker," kata sutradara Garin Nugroho.

Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan kaget atas kondisi yang diderita FrankyBagi dia, Franky bukan hanya temanFranky adalah inspirasi bagi Sri Sultan Hamengku Buwono X"Saya belum ke SingapuraTetapi, istri saya sudah pergi ke sana dan melihat langsung kondisi FrankyKami juga ngobrol," imbuhnya.

Saat ini, menurut Garin, RS di Singapura mendiagnosis lebih lanjut penyakit yang diderita penyanyi yang namanya melambung pada era "70-an itu"Penyakit yang diderita Franky sangat seriusFranky sudah dioperasi sekaliKurang tiga kali operasiSebab, ada sedikitnya 50 benjolanKemarin, waktu operasi pertama, sudah 20 benjolan yang diangkat," jelas dia.

Begitu buruk kondisi tersebut, lanjut Garin, dalam sakit itu Franky pernah kehilangan suara yang merduPria pemilik album Perahu Retak bersama Emha Ainun Nadjib tersebut tidak bisa mengucapkan R dengan jelas"Harus kehilangan suara adalah penderitaan yang cukup besar bagi seorang musisiTapi, sekarang dia mulai bisa mengucapkan kata yang jelas," tutur Garin.

Garin menyatakan sebetulnya sudah bisa menebak bahwa kesehatan Franky mulai tergangguDalam setahun ini, papar Garin, ketika bertemu dengan dirinya, Franky mengeluh ginjalnya bermasalah"Kalau kumat gangguan ginjal itu, biasanya Franky beristirahat sebentarSelain itu, dia mengeluhkan sakit pada persendianTapi, tak terbayang bahwa itu kanker ganas," lanjut dia.

Melalui rekaman yang diputar di layar, dari Singapura Franky menyampaikan suaraPria yang dikenal sering membawakan lagu-lagu bertema nasionalisme itu mengatakan gagal menjaga kondisi kesehatanDia berusaha tetap tegar dalam mencapai kesembuhan"Aku adalah contoh seniman yang jelek dalam menjaga pola hidup," ucap Franky.

Selain mengumpulkan dana, sejumlah tamu yang datang dalam helatan tersebut menuliskan motivasi untuk FrankySemua itu akan diserahkan saat Franky genap berulang tahun ke-57 pada 16 Agustus nanti.

Di bagian lain, sakitnya Franky mengundang perhatian SBYKemarin Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana (SKP BSB) telah mengirimkan tim untuk membesuk pelantun Perahu Negeriku tersebut"Presiden berharap kondisi Bung Franky pascaoperasi segera membaikSaya juga telah menelepon Bung Franky untuk memberinya dorongan semangat," kata Andi Arief yang mewakili SKP BSB(ash/c11/ayi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tantri Kotak Bingung Atur Suara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler