Fulham Antusias, Blackpool Pilih Hindari Degradasi

Selasa, 17 Mei 2011 – 16:23 WIB
Satu kuota ekstra diberikan kepada Premier League di pentas Europa League musim depanLimpahan kuota itu diberikan berdasarkan ranking fair play liga Eropa UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa) kemarin (16/5)

BACA JUGA: Nedved: Juve Tak Punya Karakter

Itu artinya, akan ada empat klub Inggris di Europa League musim depan.


RANKING fair play liga Eropa mulai diperkenalkan UEFA sejak 1995
Tujuannya adalah memberikan kuota eksta bagi tiga klub paling fair play di liga negaranya masing-masing untuk berlaga di Piala UEFA atau yang telah berganti nama menjadi Europa League dalam dua musim terakhir.

Untuk musim ini (2010-2011), tiga jatah berlaga di Europa League musim depan telah resmi menjadi hak Tippeligaen (liga utama Norwegia), Premier League, dan Allsvenskan (liga utama Swedia)

BACA JUGA: Faktor Cuaca, Wim Kena Penyakit Kulit

Ranking fair play musim ini disusun dari periode 1 Juni 2010 sampai 30 Mei 2011.

Dari perhitungan ranking sampai 1 Mei 2011, Tippeligaen mengumpulkan 8,293 poin, Premier League 8.196 poin, sedangkan Allsvenskan 8,18 poin
Peringkat di bawahnya adalah liga Denmark dan liga Islandia yang sama-sama mengumpulkan 8.149 poin.

"Sekalipun perhitungan baru akan berakhir 30 Mei nanti dan banyak liga Eropa musim ini belum berakhir, total poin liga dari Norwegia, Inggris, dan Swedia tidak terkejar lagi oleh liga di bawahnya," demikian rilis UEFA di situs resmi organisasi kemarin.

Nah, kuota untuk Norwegia dan Swedia sudah ada pemiliknya

BACA JUGA: Djokovic Runtuhkan Kejayaan Nadal

Aalesund akan mewakili Norwegia, sedangkan Hacken terpilih dari SwediaPraktis, tinggal menunggu jatah InggrisSetelah menyelesaikan pekan ke-37, ada dua klub yang berpeluang lolos.

Yakni, antara Fulham dan BlackpoolKeduanya sama-sama mengoleksi poin terkecil (50 poin) dibandingkan 18 kontestan Premier League lainnyaFulham memiliki catatan bersih dari kartu merah, sedangkan Blackpool paling sedikit mengoleksi kartu kuning (46).

Dari kedua tim, Fulham lebih difavoritkan untuk menjadi klub Inggris keempat di Europa League musim depan setelah Birmingham City, Stoke City, dan jatah peringkat kelima Premier League yang masih diperebutkan Tottenham Hotspur dan Liverpool.

Fulham sendiri sudah aman dari degradasi (kini menduduki peringkat kedelapan) sehingga tidak memiliki kepentingan apa pun dalam laga pemungkasnya di liga kontra Arsenal (22/5)Namun, pelatih Fulham Mark Hughes menepis asumsi apabila pemainnya akan malas mengganjal pemain Arsenal pekan depan demi menghindari kartu.

"Anda bisa lihat statistik Fulham versus Birmingham (15/5, Red)Enam kartu kuning dalam pertandingan semuanya untuk pemain kami," ungkap Mark Hughes, pelatih Fulham, kepada Sky Sports.

Dalam sejarah kepelatihannya, Hughes selalu meloloskan klub yang dibesutnya ke pentas EropaDiantaranya bersama Blackburn Rovers dan Manchester City"Saya selalu antusias membawa tim asuhan saya berlaga di Eropa dan saya yakin Fulham akan kembali ke Eropa (Fulham adalah finalis Europa League musim lalu, Red)," jelas pelatih asal Wales itu.

Jika Hughes antusias, lain halnya dengan respons pelatih Blackpool Ian HollowayKendati klubnya punya kans berlaga di Eropa, Holloway lebih fokus memperjuangan The Seasiders - sebutan Blackpool - lepas dari jerat degradasiYa, Blackpool kini menempati peringkat ke-18 dan terancam kembali ke Championship musim depan setelah baru promosi musim lalu.

Tugas Blackpool berat karena di laga pemungkas harus away ke jawara Premier League musim ini, Manchester United (22/5)"Kalaupun kami lolos ke Eropa musim depan, kami akan mengalami kesulitan dalam mempersiapkan diri karena fase kualifikasi (Europa League) sudah dimulai Juli," jelas Holloway kepada Reuters(dns/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Maradona Tangani Klub Dubai


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler