Future Leader Fest 2023, Ikatan Alumni ITB Berbagi Tips Jadi Pemimpin Masa Depan

Rabu, 15 November 2023 – 17:28 WIB
Acara Future Leader Fest 2023. Foto: IA-ITB

jpnn.com, JAKARTA - Dalam acara Future Leader Fest 2023, Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Jakarta berbagi tips menjadi pemimpin masa depan.

Berkolaborasi dengan Id Next Leader dan komunitas kepemudaan lainnya, acara itu diselenggarakan di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada 11 November 2023, yang dihadiri oleh sejumlah tokoh muda inspiratif.

BACA JUGA: Future Leader Fest 2023 Kembali Digelar Untuk Melahirkan Ide-Ide Segar Kepemimpinan

Mayoritas generasi Z dan milenial hadir dengan antusias mengikuti diskusi dan pembelajaran tentang kepemimpinan.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang hadir dalam Future Leader Fest, menyatakan, "Kepemimpinan untuk menghadapi tantangan zaman sekarang, seperti volatilitas, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA), tidak bisa lagi bersifat otoriter. Kepemimpinan harus mampu menggugah dan mengajak seluruh elemen dalam organisasi untuk bergerak ke arah yang sama."

BACA JUGA: Transformasi Digital Bikin BRIBRAIN Raih Predikat Future of Intelligence se-Asia Pasifik dari IDC Awards 2023

Emil menambahkan untuk menjadi pemimpin masa depan, generasi muda harus mengasah kemampuan berempati dan kepekaan dalam komunikasi.

Direktur Bisnis Digital PT. Telekomunikasi Indonesia Fajrin Rasyid menekankan pentingnya kolaborasi dalam era digital saat ini.

BACA JUGA: BRI Kembali Gelar BRILiaN Future Leader Program General dan IT

"Kolaborasi menjadi sesuatu yang penting, karena kita tidak bisa bergerak sendirian. Diperlukan kerja sama baik sebagai individu maupun dalam skala korporasi."

Pemimpin masa depan juga harus memiliki kritis dan kemampuan multitasking.

Weni Maulina selaku Direktur Konstruksi PT. MRT Jakarta, mengungkapkan bahwa tanpa kritis dan multitasking, proyek MRT Jakarta fase 1 tidak dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat waktu.

Ketua IA-ITB Jakarta Damoza Nirwan menyatakan bahwa Future Leader Fest 2023 adalah kontribusi IA-ITB Jakarta kepada negara.

Acara itu bertujuan menampilkan pemimpin-pemimpin muda yang memiliki track record kepemimpinan sehingga dapat menjadi inspirasi bagi generasi mendatang.

Dengan tema "Berkontribusi Untuk Negeri," IA-ITB Jakarta berharap Future Leader Fest 2023 menjadi platform bagi anak-anak muda Indonesia untuk memahami peran dan tanggung jawab mereka dalam membangun masa depan bangsa.

Acara tersebut juga merupakan dedikasi IA-ITB Jakarta kepada masyarakat, khususnya generasi muda, dalam bidang kepemimpinan.

Sesi pertama Future Leader Fest 2023 menampilkan keynote speaker Pradana Indraputra dan narasumber lainnya.

Sesi kedua menampilkan keberagaman pandangan dengan keynote speaker Nasruddin Djoko Surjono dan sejumlah narasumber lainnya, mencapai puncaknya dengan kehadiran Emil Dardak dan Fajrin Rasyid.

Ketua Panitia Future Leader Fest 2023, Stanno Yudha Putra, berharap acara ini menjadi pencapaian luar biasa bagi perjalanan kepemimpinan di tanah air.

Future Leader Fest 2023 membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dan bersemangat untuk belajar serta berkontribusi pada pembangunan bangsa. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemimpin Berani dan Bernyali, Prabowo-Gibran Meraup Dukungan Ratusan Tokoh Masyarakat Jateng


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler