Ganda Campuran jadi Tumpuan

Minggu, 06 Januari 2013 – 14:40 WIB
JAKARTA - Korea Open menjadi ujian pertama para duta bulu tangkis Indonesia di tahun 2013. Pada even berlevel Super Series Premier yang dilangsungkan di Seoul 8-13 Januari tersebut, pelatnas PB PBSI mengirimkan 13 pebulutangkisnya. Hari ini, Minggu (6/1), semua pemain akan bertolak dari Jakarta ke Korea Selatan (Korsel).
   
Rinciannya, satu pasang ganda putra, dua pasang ganda putri, dua pasang ganda campuran, satu tunggal putra, dan dua tunggal putri. Nah, diantara pemain yang dikirim, ganda campuran masih menjadi asa terbesar Indonesia meraih gelar.
   
Kasubid Pelatnas Christian Hadinata usai latihan di markas besar PB PBSI Cipayung kemarin (5/1) mengungkapkan, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal/Debby Nasution menjadi tumpuan utama di even ini.
   
"Kalau dilihat dari rangking sekarang, Owi/Butet (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ,red.) dan Rijal/Debby memang paling menjanjikan. Owi/Butet rangking dua, sedang Rijal/Debby rangking tujuh," tutur Christian.
   
Hasil drawing di babak pertama, Owi/Butet akan bersua dengan paangan asal Inggris Marcus Ellis/Alyssa Lim. Sebelum dengan Lim, Marcus yang berpasangan dengan Gabrielle White nangkring di posisi 25 dunia. Di atas kertas, Owi/Butet bisa menaklukkan lawannya di babak pertama tersebut.
      
Kalau Owi/Butet sudah tahu siapa lawannya di babak pertama, tidak demikian dengan Rijal/Debby. Mereka masih menunggu lawan hasil dari babak prakualifikasi. Di babak prakualifikasi ganda campuran, juga  terdapat pasangan Indonesia non pelatnas. Yakni Praveen Jordan/Vita Marissa dan Alvent Yulianto/Rizki Amalia.
   
Di sisi lain, pelatih ganda campuran pelatnas Richard Mainaky menuturkan, dalam latihan terakhir kemarin dua pasangan anak asuhnya dalam kondisi prima. Baik secara fisik maupun mental. Richard pun tak membebani Owi/Butet dan Rijal/Debby untuk juara di Korea Open ini.
   
"Boleh dibilang, ini Korea Open ini adalah target antara. Sesuai hasil rapat dengan Kabid Binpres atau Ketua Umum, kami membidik hasil maksimal untuk All England mendatang. Apalagi status Owi/Butet adalah juara bertahan," sebut bapak satu anak tersebut.
   
Meski demikian, turun tanpa target bukan menjadi alasan Owi/Butet dan Rijal/Debby tak akan main maksimal. Richard yakin setelah bertolak ke satu turnamen, anak asuhnya pasti akan bertarung mati-matian di lapangan. (dra/bas)

Daftar Pemain Pelatnas Berangkat


Tunggal Putra

Sony Dwi Kuncoro

Tunggal Putri

Lindaweni Fanetri
Adriyanti Firdasari

Ganda Putra

M.Ahsan/Hendra Setiawan
Ganda Putri
Greysia Polii/Meiliana Jauhari
Suci Rizky/Della Destiara

Ganda Campuran

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
M.Rijal/Debby Nasution

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lengah Sedikit Bisa Terpeleset

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler