Gandeng Bumame, UBC Medical Indonesia Luncurkan Produk Baru Hepatitis Viral Load Testing

Senin, 29 Juli 2024 – 07:00 WIB
PT UBC Medical Indonesia Tbk dan Bumame bekerja sama untuk meluncurkan produk baru berupa hepatitis viral load testing. Foto: PT UBC Medical Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - PT UBC Medical Indonesia Tbk dan Bumame bekerja sama untuk meluncurkan produk baru berupa hepatitis viral load testing.

Direktur Utama FX PT UBC Medical Indonesia Yoshua Raintjung mengatakan ini merupakan produk pelopor buatan pertama anak bangsa Indonesia dengan harga 70 persen lebih kompetitif dibandingkan dengan yang ada saat ini di laboratorium-laboratorium Indonesia.

BACA JUGA: Hepatitis Habis

"Produk hepatitis viral load testing ini akan diperkenalkan perdana pada Hari Hepatitis Dunia pada 28 Juli 2024," kata dia dalam siaran pers, Senin (29/7).

Dengan diluncurkannya produk tersebut, PT UBC Medical Indonesia dan Bumame berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia dan memperkuat ketahanan nasional.

BACA JUGA: Waspadai Penularan Hepatitis Akut, KADIN Indonesia Gelar Sosialisasi ke Masyarakat

Yoshua menyampaikan hepatis B adalah penyakit dengan prevalensi tinggi di Indonesia. Hampir 7 persen orang Indonesia adalah penyebar atau pembawa penyakit hepatitis B.

"Perlu diketahui, semua alat pemeriksaan untuk penyakit hepatitis B yang tersedia di Indonesia saat ini diproduksi di luar negeri, sehingga harganya kurang kompetitif dan membuat pemeriksaan hepatitis B sangat mahal," kata Yoshua.

BACA JUGA: Waduh, Stroberi Organik Diduga Sebabkan Hepatitis A di 2 Negara Ini

Yoshua mengharapkan dengan adanya produksi alat pemeriksaan penyakit hepatitis B buatan anak bangsa yang digagas PT UBC Medical Indonesia Tbk dan Bumame ini, dapat menurunkan harga setiap pemeriksaan penyakit ini dari sekitar Rp1,7 juta menjadi sekitar Rp600 ribu.

"Penurunan harga pemeriksaan tersebut diharapkan dapat membantu para penderita hepatitis B yang membutuhkan pemeriksaan berkala setiap tiga bulan sesuai panduan WHO," tandas dia. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hepatitis Akut dan Cacar Monyet Mengancam, Pelonggaran Tetap Perlu Dilakukan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler