Gandeng Candra Wijaya, Bambang Brodjonegoro Kenalkan Triple Badminton

Minggu, 12 Februari 2023 – 10:51 WIB
Bambang Brodjonegoro (tengah) menggandeng legenda bulu tangkis Indonesia Chandra Wijaya (kedua dari kiri) membentuk komunitas BangBro Badminton Triple. Foto: Dokumentasi BangBro

jpnn.com, TANGSEL - Bambang Brodjonegoro menggandeng legenda bulu tangkis Indonesia Candra Wijaya membentuk komunitas BangBro Badminton Triple.

Komunitas BangBro bertujuan memperkenalkan triple badminton.

BACA JUGA: Bambang Brodjonegoro Sebut Indonesia Bisa Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Pekerjaan Baru

Bambang mengatakan tujuan lain komunitas tersebut menjalin silaturahmi antaranggota.

"Komunitas BangBro Badminton ini terbentuk secara alamiah. Olahraga rekreasi ini bercampur satu kesatuan, yaitu olahraga dapat, badan sehat dan bugar, gembira, serta menjalin tali silahturahmi," kata mantan Menteri Riset dan Teknologi Indonesia itu saat launching di Hall Candra Wijaya International, Kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu.

BACA JUGA: Kejurnas 2022: Febby/Melati Kalah, PB Djarum Takluk dari Mansion Exist Badminton Club

Bambang mengatakan komunitas BangBro ingin mempopulerkan pertandingan bulu tangkis dengan format tiga lawan tiga ke tengah masyarakat, sehingga bisa diterima dan populer seperti nomor tunggal dan ganda.

Sebagai program pertama, BangBro akan menggelar turnamen 3-on-3 pada Februari, serta melakukan promosi pada kampus-kampus untuk pengenalan yang lebih luas.

BACA JUGA: KKB Sebar Foto Pilot Susi Air Pegang Bendera Bintang Kejora, Pangdam Cenderawasih Bereaksi

Komunitas tersebut terbentuk pada 2013 ketika Bambang bertemu Chandra Wijaya saat sedang berlatih di Gelanggang Hotel Mulia, yang sekarang menjadi arena Gelora Bung Karno (GBK).

"Saat itu sedang latihan bulu tangkis double bersama Chandra. Setelah itu di tahun 2017 mulai sudah diberlakukan main triple. Hal ini bermula ketika saat sedang alami cedera di betis dan penyembuhan selama sebulan usai main double," kata Bambang.

Dia menilai bermain bermain triple dapat mengurangi banyak pergerakan di lapangan saat main, serta memberikan kemudahan saat memukul shuttlecock.

Keanggotaan komunitas datang dari beragam profesi mulai dari akademisi, birokrat, wiraswasta, wartawan, para pebulu tangkis legend Indonesia, hingga kalangan artis, dengan jumlah anggota sudah mencapai 40 orang yang berada pada usia produktif.

"Gaung komunitas ini sudah mencapai Pulau Sumatera, seperti Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Batam, sebagian besar Pulau Jawa, lalu Denpasar, Makassar dan Balikpapan," ungkap Bambang.

Sementara itu Ketua Harian Komunitas BangBro Candra Wijaya menambahkan kelompok itu tidak hanya memfasilitasi kegiatan olahraga, tetapi juga bisa menjalin kekerabatan dengan anggota dari berbagai kalangan dan unsur.

Peraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 itu menilai kegiatan ini sangat positif.

"Semoga bulu tangkis bisa menjadi pemersatu bangsa dan berkontribusi pada prestasi nasional," ujarnya. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal Wisata Tenggelam di Labuan Bajo, Tim SAR Masih Evakuasi Penumpang


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler