Gandeng Pemda DIY, Telkom Perbanyak Wifi di Malioboro

Kamis, 21 Maret 2013 – 16:16 WIB
JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bersama Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guna mewujudkan program Digital Government Services (DGS). Seiring penandatanganan MoU, dilaksanakan pula kick off Yogya Cyber City melalui pemasangan akses koneksi nirkabel yang dinami Indonesia Wifi di sepanjang jalan Malioboro, Yogyakarta.

"Peresmian penggunaan akses internet di Malioboro ini merupakan awal dari pekerjaan besar, yakni mewujudkan DIY sebagai DGS pada akhir tahun 2017. Telkom siap memberikan dukungan terhadap pengembangan infrastruktur, aplikasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia," ucap Direktur Utama Telkom, Arief Yahya dalam rilisnya, Kamis (21/13).

Saat ini, kata Arief, terdapat sekitar 50 access point Indonesia Wifi di sepanjang Jalan Malioboro. Sedangkan di seluruh Yogyakarta, saat ini sudah terpasang sekitar  1000 access point. "Jumlah ini masih akan terus kami tingkatkan menjadi sekitar 40 ribu access point pada akhir tahun 2013," tuturnya.

Di samping itu, sektor pemerintahan saat ini memang menjadi perhatian Telkom. Menurut Arief, program DGS di Jogja sejalan dengan program yang tengah dijalankan Telkom, yakni IndiSo (Indonesia Digital Society).

IndiSo merupakan salah satu inisiatif untuk mengisi program besar Telkom, yakni Indonesia Digital Network (IDN). IDN mengemban visi pengembangan infrastruktur true broadband Telkom secara end to end (user terminal, akses, transport dan service) yang akan dicapai melalui pembangunan tiga infrastruktur utama, yakni I'd Access, ID Ring dan ID Convergence. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Agung Podomoro Garap Sulawesi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler