Gandeng TNI, 52.800 Liter Minyak Goreng Siap Meluncur ke Indonesia Timur

Senin, 21 Februari 2022 – 16:40 WIB
Kemendag gandeng TNI mengirimkan minyak goreng ke Indonesia timur 52.800 liter. Foto: Meylinda Putri Yani Mukin/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus melakukan berbagai cara agar pasokan minyak goreng tersebar ke seluruh Indonesia.

Dalam hal ini, selain sidak ke pasar dan mengeluarkan stok di gudang distributor Kemendag bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara (TNI AU) untuk memperkuat stok minyak goreng ke sejumlah wilayah di Indonesia Timur.

BACA JUGA: Pascakritik Minyak Goreng, Arief Poyouno Sentil Mendag soal Harga Kedelai, Jleb!

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan pada tahap awal, TNI AU akan mengirimkan 52.800 liter minyak goreng ke sejumlah wilayah Papua, seperti Sorong, Merauke, dan Jayapura.

“Hari Senin dan Selasa akan ada pengiriman minyak goreng ke wilayah Indonesia Timur bekerja sama dengan TNI AU menggunakan pesawat angkut Hercules C-130," ujar Mendag, Senin (21/2).

BACA JUGA: Temuan Tumpukan 1,1 Juta Kilogram Minyak Goreng Harus Jadi Pelajaran bagi Pemerintah

Mendag menyampaikan upaya terobosan ini dilakukan untuk memberi rasa tenteram masyarakat.

Dia berharap masyarakat mendapatkan minyak goreng sesuai harga yang ditetapkan pemerintah, yaitu minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, kemasan sederhana Rp 13.500 per liter, dan kemasan premium Rp 14 ribu per liter.

Mendag minta stok minyak goreng yang dikirim oleh TNI AU ke berbagai wilayah Indonesia Timur dapat sesuai sasaran,

"Saya minta produsen minyak goreng membantu menyediakan stok minyak goreng kemasan sederhana dan premium, dan harus cepat dipasok ke pasar," ungkap Mendag.

Mendag berharap kerja sama dengan TNI AU dapat membantu masyarakat dengan mengirimkan minyak goreng ke agen dan distributor di wilayah Indonesia Timur.

Di samping itu Mendag membeberkan sejumlah produsen telah membantu menyediakan stok minyak goreng baik kemasan sederhana maupun premium, sebagai berikut:

KPN Corporation telah menyediakan minyak goreng untuk tujuan ke Sorong sebanyak 1.100 karton atau 13.200 liter dari Surabaya dengan penerima CV Papua Sejahtera Sorong.

Produsen Wilmar, yakni minyak goreng ke Jayapura sebanyak 1.100 karton atau 13.200 liter dari Surabaya dengan penerima CV Momugu Jayapura, Jayapura Selatan, Jayapura, dan produsen Musim Mas akan disediakan 1.100 karton atau 13.200 liter ke Merauke dari Surabaya dengan penerima CV Bamboo Retail, Jln. Raya Mandala, Merauke.

Sementara itu dari Apical akan disiapkan minyak goreng ke Sorong sebanyak 1.100 karton atau 13.200 liter dari Jakarta dengan penerima PT Rajawali Nusindo Cabang Sorong, di Sorong Kota.(mcr28/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Wenti Ayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler