Gandeng TRANSMEDIA, SM Entertainment Garap Pasar Indonesia

Selasa, 09 Oktober 2018 – 10:10 WIB
Super Junior. Foro: Alkpop

jpnn.com - Indonesia semakin suportif dalam menerima budaya pop Korea Selatan atau Hallyu Wave. Kemarin, Senin (8/10) perusahaan hiburan, teknologi, dan gaya hidup Korsel SM Entertainment Group (SM) menandatangani nota kesepahaman dengan TRANSMEDIA.

Hal itu menandakan kerja sama di banyak bidang. Beberapa di antaranya manajemen talent dan event, konten visual, merchandise, serta mobile platform.

BACA JUGA: Artris Korea Ikut Menyumbang untuk Palu dan Donggala

CEO SM Entertainment Kim Young-min menyambut positif kerja sama itu. Young-min menilai Indonesia punya pangsa pasar yang besar untuk industri yang dijalankan perusahaannya.

''Apalagi di masa kini, tren hiburan dan gaya hidup digital di kalangan anak muda Asia sangat menjanjikan,'' ujar Young-min. Untuk memantapkan proyek kerja sama tersebut, kedua pihak masih harus melakukan berbagai meeting finalisasi.

BACA JUGA: Mantan Pacar Ancam Sebarkan Video Syur Goo Hara

Chairman CT Corp Chairul Tanjung berpendapat, SM merupakan representasi perusahaan Hallyu yang ideal. Artis-artisnya sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia.

Ada Super Junior, Girls' Generation, EXO, Red Velvet, atau NCT. Selain itu, ekspansi bidang usahanya cukup bagus.

BACA JUGA: Seungri Rindu Bigbang Segera Aktif Kembali

''Dari yang awalnya hiburan, sekarang berkembang ke ranah teknologi digital,'' kata Chairul saat konferensi pers di Menara Bank Mega, Mampang, Senin (8/10).

Rencananya, dari nota kesepahaman, kedua pihak membentuk perusahaan joint venture akhir tahun ini. Young-min berharap bukan cuma K-Pop atau artis SM yang semakin berkembang.

''Semoga kerja sama ini akan mendorong lahirnya pasar Indonesian Pop (I-Pop) dalam skala global lewat talenta lokal,'' katanya.

Hal lain yang juga menjadi fokus utama kerja sama adalah talent scouting. Menurut Atiek, kerja sama antara SM dan TRANSMEDIA menjadi kesempatan bagi kedua negara untuk mengembangkan bakat baru.

''Kami mau coba cari artis atau talenta baru untuk kemudian dilatih sesuai dengan standar dari SM Entertainment sehingga mereka bisa bersinar optimal,'' kata CEO TRANSMEDIA Atiek Nur Wahyuni. (len/c19/jan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Galau Lagi, iKON Rilis Goodbye Road


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler