Gandeng UGM, Pupuk Kaltim Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Senin, 21 November 2022 – 22:12 WIB
Kantor Pupuk Kaltim. Foto dok Pupuk Kaltim

jpnn.com, YOGYAKARTA - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik UGM untuk mengevaluasi dan menjajaki berbagai kerja sama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pertemuan kali ini juga membahas penguatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) melalui magang mahasiswa.

BACA JUGA: Lewat Festival UMKM, Pupuk Kaltim Tingkatkan Produktivitas Padi & Kakao Petani di Sulsel

Program besutan Kemendikbudristek ini mendorong mahasiswa tingkat akhir untuk menimba ilmu secara langsung di dunia industri.

Program ini diharapkan tidak hanya meningkatkan mobilitas mahasiswa ke industri, namun juga bisa meningkatkan mobilitas dosen ke industri dan praktisi industri ke kampus.

BACA JUGA: Gelar IPEX 2022, BTN Bidik KPR Baru Capai Rp 1,5 Triliun

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim, Hanggara Patrianta mengatakan selama ini telah terjalin kerja sama yang positif antara perusahaan dan pihak kampus.

Ke depannya, dia berharap kerja sama kedua institusi semakin menguat dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

BACA JUGA: Ganjar Milenial Sumut Bantu Berangkatkan Mahasiswi Asal Medan Lanjutkan Kuliah di Kairo Mesir

Pupuk Kaltim memerlukan masukan dari perguruan tinggi untuk membuat operasional pabrik lebih efisien dan kompetitif.

“Kami meminta bantuan dari perguruan tinggi yang mempunyai ilmu dan kompetensi yang lebih dibanding kami karena resources yang kami miliki jumlahnya terbatas,” ujarnya.

Hanggara berharap ke depan kerja sama dengan Fakultas Teknik UGM akan terus terjalin, sekaligus menciptakan peluang-peluang di bidang lainnya untuk dikerjakan secara bersama-sama.

"Dengan kerja sama yang lebih baik, dari sisi industri benefitnya adalah kita bisa meningkatkan esifiensi operasi. Dari sisi perguruan tinggi, akan menambah pengetahuan dari dosen, sehingga para dosen selalu meningkatkan pengetahuan yang tidak hanya text book, tapi juga applicable," ungkapnya.

Usai pertemuan tersebut, Hanggara memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa Teknik Kimia UGM.

Dalam kuliah tamu ini, Hanggara memberikan sejumlah pengalaman dan penjelasan mengenai tren dan tantangan industri pupuk di masa depan.

Sekretaris Departemen Teknik Kimia UGM, Dr. Rochim Bakti Cahyono menuturkan Pupuk Kaltim selama ini telah menjadi salah satu mitra strategis Departemen Teknik Kimia, FT UGM.

Tidak hanya itu, banyak alumni FT UGM telah berkiprah di PT Pupuk Kaltim.

Kerja sama penelitian Departemen Teknik Kimia, FT UGM dan Pupuk Kaltim antara lain dilakukan melalui kajian penelitian untuk memuhi kebutuhan bahan baku pupuk NPK di masa depan.

"Kerja sama penelitian juga akan tetap berlanjut. Pupuk Kaltim menjadi perusahaan pupuk nasional yang sangat dekat dengan teknik kimia dan fakultas teknik. Sepuluh tahun terakhir kami sangat intensif bekerja sama karena membuka diri lebih agresif," katanya.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PKT Ungkap Industri Petrokimia Bisa Mendukung Target Bebas Emisi Karbon 2060


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler