Ganjar Dukung Riset Mahasiwa Untuk Pengembangan Kendaraan Hemat Energi

Kamis, 08 Juni 2023 – 14:00 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantor Gubernur Jawa Tengah. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendukung inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam pengembangan kendaraan hemat energi. Terlebih banyak mahasiwa yang berpartisipasi di ajang inovasi internasional.

Oleh karena itu, lewat Badan Riset dan Inoveasi Daerah (BRIDA) Jateng, Ganjar siap memfasilitasi pengembangan dan riset dari temuan para mahasiswa.

BACA JUGA: Alasan AHY Masuk Daftar Pendamping Ganjar, Hasto Ungkit Spirit Merangkul

Hal itu disampaikan Ganjar setelah menerima audiensi dari Shell Indonesia terkait kompetisi regional Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik and The Middle East 2023, di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang.

“Mana-mana yang bisa sampai ke hilirisasi BRIDA-nya bisa merekomendasikan agar anak-anak ini juga bisa masuk di dalam industri-industri besar sehingga manfaat ilmunya,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Kamis (8/6).

BACA JUGA: Srikandi Ganjar Gandeng Komunitas Teater Pentaskan Drama dan Musikalisasi Puisi

Dari audiensi bersama Shell Indonesia, diketahui terdapat sejumlah mahasiswa dari Universitas Muhammadyah Solo, UNS, dan UNDIP yang mengikuti ajang Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik and The Middle East 2023 pada 4-9 Juli mendatang di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik and The Middle East 2023 adalah kompetisi inovasi global yang menantang generasi muda untuk mendesain, mengembangkan, dan menguji kendaraan hemat energi.

BACA JUGA: Bacawapres Pendamping Ganjar Hanya Masuk Pandangan Umum di Rakernas III PDIP

Ganjar pun merasa bangga dengan prestasi anak-anak muda Jateng di kancah internasional.

Lewat kompetisi tersebut, kata Ganjar, anak muda mendapat ruang untuk menguji dan mengasah kreativitas dan inivasinya.

“Concern saya pertama adalah ini karya mahasiswa. Mereka mencoba untuk menampilkan karyanya untuk menunjukkan mobil hemat energi,” katanya.

Ganjar menuturkan, inovasi yang dilakukan ini membuktikan bahwa kreativitas anak bangsa tidak diragukan dan harus mendapat dukungan.

Ganjar pun berencana untuk menghadiri Shell Eco-Marathon Asia-Pasifik and The Middle East 2023.

“Tentu saya senang dan terimakasih bisa melihat dan mudah-mudahan ada waktu saya pengin melihat karya anak-anak Indonesia yang hebat-hebat di pentas dunia,” tegasnya.

Sementara Susi Hutapea selaku Vice President Corporate Relations Shell Indonesia menyebut banyak mahasiswa Jateng yang langganan mebgukuti kompetisi tersebut. Tahun ini, ada tiga perguruan tinggi yang ikut dan lolos tahap tiga.

“Ada tiga universitas yang akan masuk ke tahap tiga atau tahap final di (sirkuit) Mandalika salah satunya adalah Universitas Muhammadiyah Solo, UNS dan Undip,” kata Susi.

“Tiap tahun inovasinya lain-lain dan tiap tahun mobilnya makin efisien,” sambungnya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hasto Ungkap Akan Ada Satu Partai Lagi yang Merapat ke PDIP Dukung Ganjar Jumat Besok


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler