Ganjar Milenial Ajak Warga Bandung Bersihkan Sungai Untuk Cegah Banjir

Minggu, 05 Februari 2023 – 19:11 WIB
Ganjar Milenial Center membersihkan sungai bersama warga Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Jawa Barat bersama puluhan warga bergotong-royong untuk membersihkan sungai yang ada di Kabupaten Bandung.

Koordinator GMC Wilayah Jawa Barat Hamdan mengatakan pihaknya bersama warga membersihkan serpihan sampah yang menyumbat aliran sungai di Kampung Babakan Jawa, Desa Bojongloa, Kecamatan Rancaekek, Minggu (5/2).

BACA JUGA: Kiai Muda Pendukung Ganjar Silaturahmi dengan Jemaah di Ponpes Al Hidayat

“Kami melaksanakan kegiatan gotong royong bersihkan sungai dan lingkungan sekitar untuk mencegah terjadinya banjir karena saat ini masuk musim hujan," kata Hamdan.

Dia juga mengimbau kepada warga terutama pemuda untuk menggalakan kerja bakti di daerah sekitar minimal sepekan sekali untuk mengurangi penumpukan sampah.

BACA JUGA: Santrine Abah Ganjar Merajut Silaturahmi Bersama Santri dan Ulama di Bondowoso

“Kami mesti galakkan kebersihan di lingkungan desa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah timbulnya resiko penyakit saat musim hujan," kata Hamdan.

Hamdan berharap warga di Desa Bojongloa ke depannya memiliki lingkungan tempat tinggal yang nyaman, aman, dan kondusif.

BACA JUGA: Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Konsep Go Green Dalam Pembangunan 2023

"Ke depannya kami akan melakukan kegiatan penghijauan untuk menciptakan lingkungan yang asri," katanya.

Hamdan mengaku para warga merespons baik kedatangan sukarelawan GMC tersebut. Sebab, menurutnya, warga menjadi lebih tergerak aktif dalam melakukan kegiatan produktif menjaga lingkungan di akhir pekan.

"Mereka mendukung bahkan berharap untuk terus disambangi desanya supaya silaturahmi ini tidak hanya sampai di sini saja," kata Hamdan.

Untuk itu, sejumlah strategi tengah diupayakan oleh GMC, lanjutnya, wilayah yang sudah pernah disambangi akan terus diaktifkan programnya, terutama dengan melibatkan peran para pemuda hingga menjadi desa mandiri.

"Kegiatan gotong royong akan terus dijalankan di beberapa desa yang membutuhkan. Selain itu, kegiatan lainnya yang bersifat pemberdayaan masyarakat terutama dengan melibatkan para pemuda akan kami libatkan," pungkas dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komunitas Milenial Pendukung Ganjar Kalteng Gelar Lomba Pencak Silat di Pulang Pisau


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler