Ganjar Sejati Adakan Penyuluhan Budi Daya Ikan di Kabupaten Subang

Kamis, 04 Mei 2023 – 22:12 WIB
Kegiatan penyuluhan yang diadakan sukarelawan Ganjar Sejati di Subang. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SUBANG - Sukarelawan Ganjar Sejati menggelar penyuluhan budi daya ikan di Dusun Karangmulya, Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, mereka menggandeng penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Subang untuk menyampaikan materi soal pembudidayaan ikan dan udang yang benar.

BACA JUGA: Sahabat Ganjar Konsolidasi Akbar, Ada Pesan dari Capres Berambut Putih

Koordinator Daerah Ganjar Sejati Kabupaten Subang, Endang Koswara mengatakan penyuluhan ini dilakukan karena mayoritas masyarakat di Desa Blanakan merupakan seorang petambak ikan atau udang.

"Kami dari tim Ganjar Sejati memberikan edukasi tentang bagaimana budi daya tambak ikan. Dari mulai bandeng, kemudian untuk udang juga," ujar Endang.

BACA JUGA: Mak Ganjar Jabar Ajak Warga Ciptakan Peluang Usaha Lewat Pelatihan Membuat Dimsum

Materi yang dipaparkan dalam penyuluhan tersebut di antaranya tata cara awal mulai budi daya, hambatan atau penyakit yang bisa menjangkit ikan, cara panen, hingga pengolahan hasil panen.

"Insyaallah kami dari Ganjar Sejati akan mendorong masyarakat yang bergerak di bidang perikanan, selain pembudidayaanya, tetapi juga marketnya. Kami insyaallah akan membantu pemasarannya," jelasnya.

BACA JUGA: Ganjar Serukan Pendidikan Keagamaan Saat Sowan ke Ponpes Girikusumo Mranggen

Penyuluhan tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan halalbihalal seluruh anggota sukarelawan. Ratusan sukarelawan yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Subang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Kami menjalin silaturahmi lebih dekat dengan masyarakat. Lewat halalbihalal ini kami bisa berbaur lebih kepada masyarakat. Kebetulan momennya masih suasana Idulfitri," katanya.

Dalam kegiatan pada hari tersebut, relawan juga menggelar aktivitas lainnya, seperti selawat bersama hingga ceramah dari salah satu tokoh agama di Kabupaten Subang.

Mereka juga melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa santunan untuk anak yatim piatu dan kaum duafa di Desa Blanakan.

Relawan ini berkomitmen untuk terus melanjutkan kegiatan bermanfaat lainnya untuk masyarakat. Mulai dari program bantuan untuk pelaku UMKM, hingga bantuan lampu penerangan jalan untuk wilayah-wilayah terpencil.

Penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Subang, Aen Maulana mengapresiasi kegiatan penyuluhan budi daya ikan dan udang yang digelar Ganjar Sejati.

Aen menilai penyuluhan ini merupakan upaya mengatasi salah satu permasalahan budidaya ikan dan udang di Kabupaten Subang.

"Perikanan di Kabupaten Subang itu terkendala karena adanya penyakit udang, terutama WSSV. Petani (udang) ini sangat merasa kerugian sekali. Jadi, petani ini kurang mengantisipasi bagaimana penyakit ini bisa merugikan mereka," kata dia. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Elektabilitas Ganjar Rebound Setelah Dideklarasikan PDIP


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler