Ganti Mesin, Ferrari Jaya di Bahrain

Schumi Finis Keenam

Senin, 15 Maret 2010 – 03:07 WIB
Fernando Alonso. Foto : REUTERS
SAKHIR - Tim paling populer di Formula 1, Ferrari, sempat deg-degan berat menjelang start Grand Prix Bahrain di Sirkuit Sakhir kemarin (14/3)Mesin 2.400 V8 silinder pada mobil Fernando Alonso dan Felipe Massa sempat menunjukkan tanda-tanda tidak sehat.

Dengan cepat barisan Kuda Jingkrak pun membuat keputusan: Mengganti mesin kedua mobil Ferrari F10, untuk memberi peluang sebaik mungkin kepada Alonso dan Massa memburu kemenangan di seri pembuka musim 2010 tersebut.

Keputusan Ferrari itu berbuah manis

BACA JUGA: Pacquiao Menang Mutlak Atas Clottey

Alonso dan Massa tampil paling meyakinkan di lomba yang berlangsung 49 putaran tersebut
Mereka pun finis 1-2, meraih poin maksimal di klasemen pembalap dan konstruktor.

Alonso, yang kemarin menjalani debut bersama Ferrari, sebenarnya mengawali lomba dari urutan ketiga

BACA JUGA: Pengecut di Twitter Bikin Panas

Massa di depannya
Pole position dipegang Sebastian Vettel, bintang muda spektakuler Red Bull-Renault.

Begitu start, Alonso langsung menyodok ke urutan dua, di depan Massa

BACA JUGA: Masih Betah Tukangi Arsenal

Namun, dia harus sabar menunggu sebelum bisa mengambil alih pimpinan lombaVettel tampil begitu meyakinkan di depanDia mampu mengimbangi, kadang sedikit lebih cepat daripada AlonsoKetika masa pergantian ban di kisaran putaran 15 pun, Vettel mampu menjaga posisi.

Apes bagi Vettel, knalpotnya rusak di pertengahan lombaDia tak mampu melaju secepat keinginannyaPada lap 34, Alonso pun dengan mudah lewatTidak lama kemudian, Massa lewatPada akhirnya, Vettel harus rela finis di urutan keempat, di belakang pembalap McLaren-Mercedes, Lewis Hamilton.

Begitu lepas dari Vettel, Alonso menggeber mobil habis-habisanMendekati finis, dia seolah ingin menunjukkan bahwa kemenangan ini diraih bukan sekadar lewat keberuntunganPembalap Spanyol itu mencatat fastest lap lomba pada putaran ke-45, hanya empat putaran menjelang finis.

Bagi Alonso, ini hasil yang membanggakanSebab, inilah lomba pertamanya bersama Ferrari, setelah akhir 2009 lalu meninggalkan RenaultBagi Massa yang finis kedua, ini juga hasil membanggakanIngat, ini lomba pertama Massa sejak GP Hungaria pada Agustus 2009 laluWaktu itu, nyawanya sempat terancam ketika helmnya terhantam suspensi mobil lain.

Apalagi, kemenangan ini diraih setelah pagi yang menegangkanKetika mesin mereka harus diganti sebelum lomba, sempat banyak yang meragukan peluang Ferrari di BahrainMenurut Ferrari, mesin Massa lebih dulu menunjukkan tanda-tanda gawatPukul 10 pagi sebelum lomba (start pukul 14.00 waktu setempat), FIA pun mengizinkan Ferrari mengganti mesinSupaya semua aman, Ferrari lantas juga mengganti mesin mobil Alonso.

Tidak ada penalti yang dijalani Ferrari karena pergantian ituMenurut aturan, dalam semusim pembalap boleh memakai delapan mesinSelama belum menghabiskan delapan mesin, belum ada hukuman.

Memang, dengan menggunakan mesin kedua di seri pertama (dari 19 lomba), Ferrari terancam gawat di penghujung musim nantiNamun, untuk sementara Ferrari mengaku tidak khawatirSebab, mesin pertama yang "gawat" itu bisa dipakai saat sesi latihan lomba-lomba berikutnyaTidak terlalu mengurangi beban mesin-mesin kedua, ketiga, dan selanjutnya.

Seusai lomba, Alonso mengungkapkan kebahagiaannyaIni kemenangan pertamanya sejak 2008"Ini hari yang sangat spesial bagi sayaKembali meraih kemenangan selalu spesial, tapi lebih spesial lagi bersama Ferrari," ucapnya"Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mengawali hubungan kamiIni tim terbaik di duniaKami bekerja keras sepanjang masa persiapanKemenangan ini saya dedikasikan untuk seluruh warga Italia, semua mekanik di sini, serta Presiden (Ferrari) Luca di Montezemolo," lanjut Alonso.

Meski demikian, Alonso belum mau bicara peluang menjadi juara dunia 2010Sukses awal baik, tapi masih ada banyak lomba tersisa"Kami mendapat awal yang baik, tapi kami harus tetap bekerjaIni waktunya untuk bekerja lebih keras lagi," tandasnya.              

Schumi Keenam


Sementara itu, juara dunia tujuh kali Michael "Schumi" Schumacher menjalani lomba yang solid di Bahrain, lomba pertamanya sejak "pensiun" di penghujung 2006 laluPembalap yang kini berusia 41 tahun itu mampu mengumpulkan sejumlah poin, finis di urutan keenamTepat di belakang rekan setimnya di Mercedes GP, Nico Rosberg.

Sebelum lomba, Schumi mengaku memang masih butuh sedikit waktu untuk kembali seintens duluDia tidak mencari-cari alasanDengan tegas dia bilang bahwa dirinyalah yang butuh penyesuaian ulang"Saya hanya perlu menemukan ritme lagiMeski secara perlahan terus membaik, tapi ini masih sangat menantang," ucapnya.

Setelah lomba, Schumi menegaskan omongan itu"Setelah tiga tahun (tidak balapan), saya pikir alamiah kalau kita harus menemukan lagi hal ini dan hal itunyaSaya dan tim akan bekerja keras untuk itu," ujarnya kemarin.

Dari Bahrain, sirkus F1 berlanjut ke Melbourne, AustraliaSeri kedua itu dijadwalkan berlangsung pada 28 Maret mendatang. (aza)

              

                HASIL GP BAHRAIN


                (Sirkuit Sakhir, 49 lap)

                 Fernando Alonso, Ferrari

                 Felipe Massa, Ferrari

                 Lewis Hamilton, McLaren-Mercedes

                 Sebastian Vettel, Red Bull-Renault

                 Nico Rosberg, Mercedes GP

                 Michael Schumacher, Mercedes GP

                 Jenson Button, McLaren-Mercedes

                 Mark Webber, Red Bull-Renault

                 Vitantonio Liuzzi, Force India-Mercedes

                Rubens Barrichello, Williams-Cosworth

                Fastest lap: Fernando Alonso (lap 45), 1 menit dan 58,287 detik

              

                Klasemen Pembalap (Setelah 1 dari 19 lomba)

                1Fernando Alonso           25 poin

                2Felipe Massa                 18

                3Lewis Hamilton             15

                4Sebastian Vettel            12

                5Nico Rosberg                 10

                6Michael Schumacher      8

                7Jenson Button                  6

                8Mark Webber                    4

                9Vitantonio Liuzzi               2

              10Rubens Barrichello        1

              

                Klasemen Konstruktor


                1Ferrari                                            43 poin

                2McLaren-Mercedes                     21

                3Mercedes GP                               18

                4Red Bull-Renault                        16

                5Force India-Mercedes                  2

                6Williams-Cosworth                      1

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendaki ke Puncak Lagi


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler