Garansi Peraih Emas

Rabu, 26 Juni 2013 – 07:00 WIB
JAKARTA - Menuju tanggal 1 Juli mendatang PB Forki memiliki tugas besar. Yakni mengerucutkan penggawa pelatnas menjadi 100 persen sesuai permintaan Satlak Prima. Dari jumlah semula 42 karateka menjadi 22-23 orang saja.

Dan ajang Karate 1 Premier League World Karate Federation (WKF) yang berakhir Minggu (23/6) lalu menjadi patokan akhir. Pengumuman nama-nama karateka yang masuk kerangka inti di SEA Games Myanmar akan dilakukan pekan ini.

Ketua umum PB Forki Hendardji Supandji menyatakan sesuai komitmen sebelum Karate 1 Premier League, peraih emas di ajang tersebut langsung digaransi masuk tim utama.

"Sesuai apa yang kita janjikan, yang juara pertama di ajang Premier League langsung masuk tim inti. Karena mereka telah memberikan bukti dengan menembus persaingan level dunia," ucap Hendardji.

Ucapan Hendardji tak salah. Namun jangan lupakan juga bahwa peta persaingan tahun ini kurang ketat. Hasil empat emas, empat perak, dan tujuh perunggu didapat karena dua negara kuat Asia, Jepang dan Iran, absen.

Sedang bagi karateka pelatnas yang menyumbangkan medali perak, perunggu, atau nir medali akan diputuskan dalam rapat pleno. Hendardji pun tak menutup mata bahwa ada berbagai aspek menjadi pertimbangan seorang karateka dijadikan tulang punggung Merah Putih.

Selain empat nama peraih emas, satu kursi Merah Putih juga dipastikan diisi Umar Syarif. Karateka asal Sidorjo yang kini menetap di Swiss tersebut memang masih menjadi andalan di kelas +84 kilogram.

Kabidbinpres PB Forki Djafar Gantang menyebutkan senioritas Umar masih dibutuhkan di gelanggang untuk mendongkrak mental junior. Untuk kelasnya, Umar adalah seorang legenda dengan catatan 15 tahun belum terkalahkan. (dra)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Laurent Blanc Resmi Latih PSG

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler