Garuda Buka Empat Rute Baru dari Palembang Tahun Depan

Sabtu, 25 Oktober 2014 – 15:42 WIB

jpnn.com - PALEMBANG - Besarnya potensi pasar penerbangan di Palembang membuat PT Garuda Indonesia (persero) Tbk terus memaksimalkan penerbangan melalui kota ini. Itu diwujudkan dengan membuka rute-rute baru yang potensial di tahun depan.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Palembang, Henny Nurcahyani, mengatakan, pihaknya berupaya meng-cover layanan penerbangan intra Sumatera.

BACA JUGA: Garuda Terbangi Balikpapan-Pontianak per 1 November

“Ini untuk menjawab kebutuhan penumpang dari Kota Palembang yang menginginkan rute langsung (direct flight),” jelas Henny di sela-sela pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) di Atrium Palembang Icon Mall, dilansir Sumatera Ekspres (Grup JPNN.com), Sabtu (25/10).

Saat ini, lanjut Henny, Garuda sudah menerbangi rute dari Palembang ke Jakarta, Denpasar, Medan (Kuala Nanmu) pulang pergi.

BACA JUGA: Balai Pustaka Menangkan Tender Rp 59 Miliar

“Tahun depan (2014, red) kami berencana membuka rute baru dari Palembang ke beberapa daerah di Sumatera, yaitu Palembang-Jambi, Palembang-Bengkulu, Palembang-Tanjung Karang (Lampung), dan Palembang-Batam,” bebernya.

Rute baru ini dinilai memiliki potensi market yang tinggi berdasarkan research Garuda. Menurut Henny, untuk operasional rute baru ini, Garuda akan menggunakan pesawat ATR berkapasitas 70 seat.

BACA JUGA: Pembukaan M1 Soetta Sulit Dilakukan

“Soal jadwal pembukaan penerbangan rute baru disesuaikan dengan kedatangan pesawat-pesawat tersebut,” imbuhnya.

Selain membuka rute baru, untuk memperbesar posisi permintaan jasa penerbangan di Palembang sekaligus memperkuat brand image, Garuda kembali menggelar Garuda Indonesia Travel Fair 2014 di Atrium Palembang Icon Mall yang kemarin (24/10) resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki.

Menurut Henny, event ini kali keempat digelar di Palembang. “Kita lanjutkan kesuksesan GATF 2014 di Palembang. Sebelumnya kami sudah gelar event serupa di Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar,” imbuhnya.
Pihaknya menggandeng BCA sebagai bank partner dan 9 agen tour & travel, di antaranya Carmeta Tour & Travel, Dwidaya Tour & Travel, dan lain-lain.

“GATF memfasilitasi masyarakat mendapatkan tiket dengan harga terjangkau dan paket wisata menarik, serta informasi tujuan wisata terbaik di domestik maupun internasional,” ujarnya.

Bersama BCA, pihaknya memberikan penawaran menarik kepada pelanggan, mulai dari diskon 20 persen untuk rute internasional dan 15 persen rute domestik, diskon 50 persen khusus yang berulang tahun di tanggal 24-26 Oktober, program beli 1 gratis 1 penerbangan kelas bisnis rute Palembang ke destinasi tertentu.

Kemudian gratis voucher belanja di Changi Airport senilai US$1.000, program lelang tiket Palembang-Denpasar & Palembang-Medan mulai Rp200 ribu.

“Dapatkan juga penawaran menarik di Happy Hour pada jam-jam tertentu,” lanjut Henny.  

Kepala Kantor Cabang Utama PT Bank Central Asia (BCA) Masjid Lama Palembang, Hartoyo, mengatakan, kerja sama dengan Garuda ini bertujuan meningkatkan brand awareness kedua perusahaan.

“Kami ingin fasilitas travelling, memberikan ruang lebih dan penawaran menarik kepada nasabah BCA dan penumpang Garuda Indonesia,” terangnya.

Setiap transaksi di GATF, harus melalui kartu debit atau kartu kredit BCA. Ini juga dalam rangka mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT).

“Transaksi di GATF tidak menerima tunai,” jelasnya.

Diakuinya, GATF memberikan benefit bagi BCA karena akan meningkatkan volume transaksi kartu.

“Target GATF ini Rp5 miliar dan bisa masuk transaksi kartu kami,” cetusnya.

Ketua Association of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Sumsel, Anton Wahyudi, mengatakan, travel fair ini memang sangat bagus karena tak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan tiket ber-travelling dengan mudah juga dengan harga lebih murah.

“GATF ini memberikan keuntungan kepada agen tour & travel yang terlibat, dari sisi transaksi bisa meningkatkan transaksi sekitar 20 persen,” ujarnya.

Owner Carmeta Tour & Travel, Hendri, menambahkan GATF mempermudah serta memberikan ruang lebih bagi bisnis tour & travel, baik menjual tiket maupun menawarkan paket-paket wisata.

Wakil Gubernur Sumsel, H Ishak Mekki, menyambut baik penyelenggaraan GATF ini untuk memberikan kemudahan pemberian layanan kepada penumpang serta bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. (cj10/fad/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tunggak Utang 2 Tahun, Bakrie Telecom Digugat ke PKPU


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler