Garuda Jaya Gunduli Laos 4 Gol Tanpa Balas

Indonesia Berbagi Puncak Klasemen dengan Korsel

Selasa, 08 Oktober 2013 – 22:40 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas Darmono (tengah) berusaha menerobos dua pemain Laos, Jo E Sandara (kiri) dan Khampaseut (kanan) pada pertandingan AFC U-19 Championship 2014 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Timnas Indonesia U-19 sukses merebut tiga angka pertama di pertandingan perdana kualifikasi AFC Cup U-19. Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Selasa (8/10), tim Garuda Jaya berhasil mengalahkan Laos dengan skor 4-0.

Setelah unggul 1-0 di babak pertama, pelatih Indra Sjafri melakukan sedikit perombakan di lini belakang. Syahrul Kurniawan yang sempat mengalami benturan keras di babak pertama, ditarik keluar. Selanjutnya Mahdi Fahri Albaar yang sejatinya adalah bek kanan, dimasukkan untuk menggantikan posisi Syahrul. Situasi ini membuat Putu Gede Juni Antara yang berposisi sebagai bek kanan digeser ke bek tengah.

BACA JUGA: Valdez Bulat Tekad Tinggalkan Barca

Ternyata strategi Indra Jafri tepat sasaran. Menit ke-51, Muchlis Hadining mendapat peluang untuk menciptakan gol. Lolos dari jebakan offside, Muchlis melakukan tendangan congkel yang mengelabui kiper Laos Bounpaseuth Niphavong. 2-0 Indonesia memimpin.

Laos kian terpuruk setelah hanya bermain dengan 10 orang sejak menit ke-53 setelah salah satu pemainnya, Phithack Kongmathilath mendapat kartu merah dari was it Sukhbir Singh. Kartu merah dikeluarkan karena Phithack melanggar keras Mahdi Fahri Albaar.

BACA JUGA: Anggap Pengalaman Berharga, Filipina Tak Kecewa

Unggul jumlah pemain kian membuat Indonesia menguasai permainan. Hansamu Yama nyaris membawa Indonesia unggul 3-0 pada menit ke-69 andai sundulannya saat menyambut umpan Evan Dimas tidak tipis melayang di atas mistar gawang.

Lima menit kemudian, giliran Ilham Udin yang mendapat peluang. Sayang, tendangannya di dalam kotak penalti masih bisa diamankan Niphavong.

BACA JUGA: Babak I, Indonesia Ungguli Laos 1-0

Pada menit ke-80, wasit  kembali mengeluarkan kartu merah untuk pemain Laos, Xouxana Sihalath. Permainan Garuda Jaya pun menggila.

Pada menit ke-84, Indonesia kembali mencetak gol sehingga unggul 3-0. Kali ini Paulo Oktavianus yang menjadi aktornya. Setelah mendapat umpan Maldini di sayap, Oktavianus mengoceh pemain belakang dan mencetak gol.

Kapten timnas Indonesia Evan Dimas tak mau kalah. Pemain Persebaya 1927 itu menyarangkan gol keempat untuk Indonesia pada menit ke-89.

Di masa injury time, Indonesia terus menggempur pertahanan Laos. Sayang hingga babak kedua berakhir skor tetap 4-0.

Dengan hasil ini, Indonesia menempati puncak klasemen kualifikasi AFC Cup Grup G bersama Korea Selatan. Kedua negara sama-sama mengemas 3 poin dan gol sama-sama 4. (abu/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gunduli Filipina, Pelatih Korsel Belum Puas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler