Gaungkan World Water Forum 2024, Kominfo Gandeng Humas Kementerian

Jumat, 17 Mei 2024 – 03:50 WIB
Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menggelar Bimtek Kolaborasi Pengelola Media Sosial Pemerintah, untuk menggaungkan 10th World Water Forum 2024. Foto dok Kominfo

jpnn.com, BALI - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menggelar Bimtek Kolaborasi Pengelola Media Sosial Pemerintah, untuk menggaungkan 10th World Water Forum 2024.

Kegiatan yang diikuti lebih dari 100 peserta yang hadir secara daring dan 500 peserta luring ini menghadirkan dua orang narasumber, yakni Staf Ahli PUPR Firdaus Ali dan praktisi media sosial Ramone Pulungan.

BACA JUGA: Kominfo Beri Penghargaan kepada 36 Mitra Terbaik Newsroom

“Jadi mudah-mudahan dengan dua materi ini, teman-teman humas dari Kementerian Lembaga yang hadir ada 100 lebih Kementerian, Lembaga, dan Pemerintahan Daerah di Bali saja, belum termasuk yang online, bisa membuat konten dan mempromosikannya di media sosial ataupun di kanal-kanal yang mereka miliki,” ujar Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong.

Ditjen IKP juga menyebutkan pemerintah di tingkat pusat dan daerah harus mampu mengambil bagian dalam menggaungkan informasi terkait event dunia ini.

BACA JUGA: Menuju Perayaan Waisak: 40 Bhikkhu Thudong Jalan Kaki dari TMII Menuju Candi Borobudur

Peran pengelola media sosial sangat penting terutama dalam hal berkolaborasi menyampaikan materi dan konten yang harus diketahui oleh publik.

Para peserta memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensi membuat konten melalui berbagai kegiatan site visit di sejumlah titik wisata dan juga lokasi, yang nantinya berkaitan dengan pelaksanaan World Water Forum 2024, seperti Taman Hutan Rakyat Ngurah Rai, Desa Wisata Jatiluwih dan beberapa lokasi lainnya.

BACA JUGA: UNESCO Jadikan Arsip Pabrik Indarung 1 Semen Padang sebagai Memory of The World Asia Pasifik

Konten yang telah dibuat dengan sekreatif mungkin oleh humas tersebut juga diperlombakan.

Firdaus Ali berharap dengan adanya pembekalan dan site visit ini, humas pemerintah pusat dan daerah benar-benar dapat mensosialisasikan kepada publik pentingnya pelaksanaan World Water Forum ini.

“Ekspektasi kepada teman-teman Pengelola Media Sosial Pemerintah Pusat dan Daerah, yang bergerak di bidang pembuatan dan penyebaran konten sosial tadi adalah ini event yang tidak akan mungkin ada lagi sepanjang usia kita-kita ini jadi tuan rumah, dan kita menjadi negara ketiga yang jadi tuan rumah di Asia,” ujar Firdaus.

Dalam kegiatan ini juga diumumkan para pemenang Anugerah Narasi Tunggal 2024 (ANT 2024) kategori Kontributor Media Sosial dan kategori Videotron.

Anugerah  Narasi Tunggal merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja institusi kementerian Lembaga, pemerintah daerah, bidang bidang komunikasi dan informasi publik yang berkontribusi menggaungkan narasai tunggal terkait program dan prioritas pemerintah pada 2023.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler