Gaya Komunikasi ala Ganjar Pranowo, Tokoh Publik yang Gemar Berinteraksi dengan Masyarakat

Minggu, 12 November 2023 – 21:48 WIB
Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Toba. Foto: Tim Media Ganjar

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden Ganjar Pranowo termasuk  tokoh publik yang mudah berinteraksi dan ditemui masyarakat lewat gaya komunikasi unik dan komunikatif.

Kepemimpinan Ganjar mencerminkan adaptasi terhadap zaman, terutama dalam cara berkomunikasi yang terbuka dan santai dengan masyarakat.

BACA JUGA: Ganjar Pranowo: Tidak Ada Kekuatan Atau Alat yang Bisa Mengalahkan Rakyat

Hal ini bisa dilihat melalui penggunaan media sosial dan juga kebiasaannya untuk menginap di rumah warga

Media Sosial Ganjar Pranowo

BACA JUGA: Poster Ganjar Dicopoti Aparat, Saga: Ini Perilaku Berdemokrasi Tidak Sehat

Media sosial telah menjadi alat penting dalam strategi komunikasi Ganjar. Mantan Gubernur Jateng tersebut berhasil menciptakan image sebagai “Rockin Governor for Jateng Democracy”, dengan menekankan pendekatan yang dinamis dan modern.

Hingga saat ini akun resminya di Instagram, dengan lebih dari 6,5 juta pengikut, menjadi bukti keterampilan komunikasinya yang mengesankan.

BACA JUGA: Masyarakat Toba Mendoakan Ganjar Pranowo jadi Presiden

Ganjar menjadikan sosial medianya sebagai platform untuk bercerita kunjungannya ke elemen-elemen masyarakat, menunjukan budaya di berbagai daerah, memaparkan hidangan dari berbagai kota, dan juga memberi perspektif ke masyarakat di luar daerah terhadap isu-isu yang belum diketahui

Mantan anggota DPR itu juga menunjukan keakrabannya dengan sang istri Siti Atikoh dan juga putra Muhammad Zinedine Alam Ganjar, dalam berbagai kegiatan bersama.

Hal tersebut sembari menitipkan pesan untuk masyarakat terkait pentingnya kekeluargaan. Ganjar juga melakukan pendekatan yang santai tetapi informatif, seringkali melalui Twitter sebagai sarana edukasi dan informasi.

Ganjar juga menjadikan platform media sosial untuk mempromosikan hasil produk UMKM pada masa pandemi.

Disebut “Lapak Ganjar”, program ini memberi manfaat yang besar untuk para pelaku UMKM.

Interaksi Langsung dengan Masyarakat

Ganjar Pranowo, selama masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah, memiliki kebiasaan unik yaitu menginap di rumah-rumah warga, terutama yang kurang mampu, untuk menyerap aspirasi mereka secara langsung.

Melalui interaksi santai ini, dia mampu menangkap permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat, seperti kondisi rumah yang tidak layak, pendidikan anak, dan masalah kesehatan, serta menyelesaikannya dengan cepat tanpa terhambat birokrasi.

Hingga beberapa bulan terakhir 2023, Ganjar Pranowo melanjutkan kebiasaannya untuk menginap di rumah warga. Gaya komunikasi ala “blusukan” ini dilakukan di berbagai daerah seperti Sumatera Selatan, Bali, Sumatera Utara, Jawa Barat.

Melalui kegiatan itu, Ganjar menyerap aspirasi dan keluhan dari berbagai kalangan masyarakat seperti mahalnya bahan pokok dan masalah stunting.

 Ganjar bisa merangkai solusi yang bisa dijadikan program untuk menghadapi isu tersebut.

Gaya kepemimpinan Ganjar Pranowo memang unik, dengan ciri khasnya yang enerjik, bisa diterima oleh semua kalangan, dan jauh dari kesan angkuh.

Gaya ini tidak hanya membuatnya dekat dengan kaum milenial, tetapi juga berhasil menginspirasi perubahan signifikan di Jawa Tengah pada saat masih menjabat.

Keberhasilannya dalam memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk komunikasi yang efektif, serta pembangunan branding pribadi yang kuat, menjadikannya sebagai contoh pemimpin teladan modern yang layak ditiru. (flo/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler