GB WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka? Coba nih Cara Ini

Kamis, 15 Desember 2022 – 21:14 WIB
GB WhatsApp menjadi salah satu aplikasi modifikasi dari WhatsApp versi original yang saat ini tengah menjadi tren. Foto: Dok zulu.id

jpnn.com, JAKARTA - GB WhatsApp menjadi salah satu aplikasi modifikasi dari WhatsApp versi original yang saat ini tengah menjadi tren.

Sebab, aplikasi itu menawarkan banyak fitur premium yang gratis bagi pengguna.

BACA JUGA: Praktis! Begini Cara Mudah Menghilangkan Status Online di GB WhatsApp

Melansir dari Zulu.id, GB WhatsApp merupakan aplikasi modifikasi yang dikembangkan oleh modder atau pihak ketiga, oleh karena itu tidak bisa di download di Play Store ataupun App Store.

Fitur dan layanan yang ada di GB WA disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi modifikasi yang paling sempurna dibandingkan dengan aplikasi modifikasi yang lainnya.

BACA JUGA: Begini Cara Membuat 2 Akun di GB WhatsApp, Silakan Disimak

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa aplikasi modifikasi GB WA ini terkadang juga terdapat trouble.

Salah satu kendala itu adalah aplikasi GB WA tidak bisa dibuka atau terdapat fitur yang tidak bisa digunakan.

BACA JUGA: WhatsApp Tambah Fitur Avatar, Makin Menarik

Berikut penyebab GB WB mengalami masalah:

1. Penyebab GB WA Tidak Bisa Dibuka

Terdapat penyebab yang mungkin menjadi alasan mengapa GB WA menjadi tidak bisa dibuka, di antaranya adalah sebagai berikut :
Terdapat Masalah Server

GB WA yang tidak dapat dibuka atau diakses bisa saja dikarenakan oleh server GB WA yang down.
Ketika sedang terjadi maintenance, seringkali server mengalami down yang akan menyebabkan pengguna tidak dapat mengakses aplikasi.

2. Perangkat HP Tidak Support

Perangkat HP yang tidak mensupport GB WA juga menjadi salah satu penyebab yang mungkin membuat GB WA tidak bisa dibuka di perangkat.

Meski GB WA pada dasarnya tidak memerlukan HP dengan spesifikasi yang tinggi untuk dapat mendownload dan menginstal, namun tetap saja ada perangkat yang memang tidak kompatibel dengan aplikasi GB WA.

Hal tersebut akan membuat pengguna tidak bisa mengakses aplikasi GB WA di perangkat.

3. Menggunakan Aplikasi GB WA Versi Lama

Ketika terjadi kendala dalam membuka aplikasi GB WA, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah update dari aplikasi GB WA apakah sudah yang terbaru atau belum.

Pasalnya, aplikasi GB WA yang versi lawas atau telah out of date akan membuat aplikasi seringkali mengalami error atau bug sehingga menghambat operasional aplikasi GB WA.

Oleh karena itu, GB WA perlu untuk diperbaharui secara rutin agar tidak lagi terjadi error.

Berikut adalah cara mengatasi GB WhatsApp yang mengalami masalah:

1. Setelah mengetahui penyebab apa saja yang mungkin membuat aplikasi GB WA menjadi tidak bisa dibuka, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya :

Restart HP

2. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merestart HP untuk merefresh RAM sehingga aplikasi dapat berjalan dengan lebih optimal.

3. Merestart HP, nantinya dapat mengembalikan aplikasi GB WA agar dapat berjalan lancar seperti biasanya.

4. Izinkan Fitur GB WA

Apabila aplikasi GB WA tiba-tiba menjadi tidak bisa digunakan atau dibuka, mungkin saja terdapat fitur-fitur yang belum diizinkan di aplikasi.
Fitur-fitur ini memerlukan izin untuk dapat berjalan dengan baik, oleh sebab itu pastikan fitur tersebut telah diaktifkan.

5. Update Aplikasi GB WA

Versi GB WA yang lama memang seringkali berpotensi error dan bug lebih besar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan telah mengupdate GB WA ke versi terbarunya agar tidak terjadi permasalahan seperti GB WA yang tidak bisa dibuka.

6. Hapus Cache Aplikasi

Sampah yang menumpuk di perangkat seringkali juga mengganggu jalannya aplikasi. Sehingga disarankan untuk menghapus cache yang telah terlalu banyak agar aplikasi dapat berjalan lancar.

Itulah tadi beberapa informasi tentang bagaimana solusi mengatasi GB WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat. (jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
GB WhatsApp   WhatsApp   WA   Aplikasi  

Terpopuler