GBB dan SPN Berkolaborasi Memperluas Dukungan untuk Ganjar

Minggu, 26 Maret 2023 – 11:27 WIB
SPN dan GBB berkomitmen untuk memperluas dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dok GBB.

jpnn.com, MOROWALI - DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Morowali menggelar konferensi cabang di Hotel Sejahtera mandiri Kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah.

Forum itu dihadiri oleh tak kurang dari 70 orang delegasi dari pimpinan serikat pekerja SPN di sepuluh perusahaan di Kabupaten Morowali.

BACA JUGA: GBB Gelar Bazar Murah Melalui Warung Ganjaran di Jakut

Konferensi itu digelar untuk memilih pengurus baru, membuat program kerja dan mengeluarkan pernyataan politik.

Kegiatan berjalan dinamis membahas berbagai hal menyangkut perkembangan organisasi. Kemudian berlanjut dengan pembahasan dan pemilihan pengurus baru yang membuat suasana konfercab semakin seru dan panas.

BACA JUGA: GBB Banten Siap Gaet Suara Buruh Untuk Dukung Ganjar di 2024

Pasalnya, dari tiga kandidat yang dicalonkan oleh delegasi semuanya menyatakan menolak.

Setelah melakukan perdebatan, akhirnya dilakukan pencalonan lagi dan memunculkan dua nama, yaitu Iwan dan Andi Hamka yang langsung dipilih secara tertutup.

BACA JUGA: GBB Banten Mantap Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Suasana menjadi tegang pada saat penghitungan suara kedua kandidat saling kejar dan menghasilkan suara imbang. Sekira pukul 01.00 WITA akhirnya dilakukan pemilihan ulang yang dimenangkan oleh Iwan.

Sebagai ketua terpilih Iwan memimpin tim formatur untuk melengkapi struktur dengan kader-kader terbaik.

Setelah hampir satu jam akhirnya struktur berhasil dilengkapi mulai dari sekretaris dan bendahara hingga wakil-wakilnya.

Kepengurusan baru definitif dengan ditandai dilantik dan disumpah oleh Ketua Umum SPN, Joko Heriyono.

Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan dan semangat, sekira pukul 02.00 WITA forum konfercab melanjutkan agenda panting lainnya yaitu pernyataan dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan penandatanbganan MoU dengan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB).

Pernyataan dukungan dibacakan dan ditandatangani oleh Iwan dan Indusman sebagai ketua dan sekretaris yang baru, didampingi oleh jajaran pengurus terpilih.

Selanjutnya, di momen yang sama digelar prosesi penandatanganan MoU antara DPC SPN Morowali bersama GBB yang langsung diwakili oleh Ketua Umum GBB, Lukman Hakim dan disaksikan oleh Ketua Umum SPN, Joko Heriyono.

“Kami menyatakan mendukung Pak Ganjar Pranowo jadi Presiden 2024 dan siap bekerja sama dengan GBB dalam menjalankan program-program nantinya,” ujar Iwan setelah penandatanganan.

Iwan menambahkan bahwa dengan basis di 13 perusahaan di Morowali, organisasinya akan lebih masif lagi menggalang dukungan dengan berbagai program yang bermanfaat untuk buruh.

Seperti diketahui bahwa di Morowali terdapat kawasan Indonesia Morowali Industrial park (IMIP) yang di dalamnya terdapat 37 ribu buruh.

Selain itu, di Morowali juga terdapat banyak perusahaan tambang dan pendukungnya, tempat ribuan buruh bekerja.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum GBB, Lukman Hakim, menjelaskan agenda itu merupakan kelanjutan kerja sama SPN dengan GBB di tingkat pusat dengan memperluas jaringan GBB dalam melebarkan sayap dukungan untuk Ganjar Pranowo dengan berbagai program berkelanjutan.

Terlebih Morowali merupakan daerah industri baru yang sangat potensial ke depan sehingga dibutuhkan pendekatan yang baik.

“GBB bersama SPN akan menggelar Forum Musyawarah Hubungan Industrial atau FMHI di Morowali dengan melibatkan semua pihak terkait. Forum ini bertujuan untuk mencari solusi-solusi dan ide-ide untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan penguatan industri setempat," tutur Lukman.

Djoko Heriyono, selaku Ketua Umum SPN menjelaskan dengan kolaborasi dengan GBB ini akan memberi peluang untuk menjalankan program-program yang dapat membantu anggota dan buruh secara umum di Morowali

“Saya bersama DPP memutuskan mendukung Pak Ganjar di Majenas Lombok, dan sekarang diturunkan di Morowali ini bertujuan agar konsep Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat (JS3H) dapat diterapkan di kemudian hari," kata Djoko. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... GBB Bangun Jaringan Wifi di Ribuan Titik, Gus Jazil: Langkah Konkret Bantu Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler