Geber Mobil Listrik Neta V-II di Kolam Cetek, Tak Perlu Khawatir

Jumat, 12 Juli 2024 – 21:13 WIB
Tes baterai Neta V-II di kolam air. Foto: ridho

jpnn.com, BANDUNG - Bersamaan kegiatan test drive Neta V-II di Bandung, PT. NETA Auto Indonesia juga membuktikan bahwa mobil listrik mereka tetap aman meski melewati genangan air, terutama bagian baterainya.

Product Planning Manager Neta Indonesia, Jordy Angkawidjaja menjelaskan bahwa baterai yang digunakan Neta V-II berasal dari Gotion.

BACA JUGA: Neta V-II Jadi Amunisi Baru, Neta Auto Indonesia Pasang Target Ambisius

Di mana sel baterai tersebut dibekali dengan sistem pengaman, serta telah melalui serangkaian uji keamanan yang komprehensif.

"Setiap komponen dalam rangkaian baterai memiliki pelindung berlapis, sehingga relatif aman meskipun posisinya terlihat rendah di bawah mobil," kata Jordy di Bandung, Jumat.

BACA JUGA: Neta V-II Dirilis Dengan Harga di Bawah Rp 300 Juta

JPNN pun berkesempatan mengendarai Neta V-II melewati kolam khusus yang sudah diisi air setinggi 25 cm.

Terbukti baterai yang berada di bawah kolong NETA V-II terendam saat melewati area simulasi tersebut, dan hasilnya tidak terjadi apa-apa.

BACA JUGA: Neta V-II Siap Didistribusikan Pada Juni 2024

Menurut Jordy, baterai di mobil listrik Neta sudah melewati serangkaian uji coba mencakup vibration and shock test, squeez, wet-heat cycle, external flame, water immersion, temperature shock and salt spray, hingga short circuit.

Selain itu, V-II juga diklaim memiliki pemeringkatan baterai terhadap ketahanan air, dengan rating IP68+ yang menjadi standar global.

Keamanan dan efisiensi tersebut berkat kinerja HEPT3.0 Efficient Powertrain Thermal Management System, untuk memastikan baterai temperatur di bawah 45 derajat celcius, konsumsi energi pendingin di bawah 5 persen, dan rasio temperatur yang konstan mencapai 95 persen.

"Keamanan ekstra untuk komponen baterai agar tidak mengalami kerusakan hingga mencegah kebakaran," ujarnya.

Neta V-II menggunakan baterai lithium ferrophosphate atau LFP dengan daya 36,1 kWh, yang memiliki jarak tempuh 401 kilometer dan telah didukung sistem pengisian cepat alias DC CCS2.

Memiliki kemampuan pengisian baterai cepat, hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi daya dari 30 persen mencapai 80 persen.

PT. NETA Auto Indonesia menawarkan mobil listrik NETA V-II dengan banderol Rp299 juta. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Neta V-II Gebrak Lantai PEVS 2024, Harganya Bikin Kaget


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler