Gegara Ini Blibli Jadi Role Model Perusahaan Lain

Rabu, 06 September 2023 – 14:27 WIB
Pengiriman barang di E-commerce Blibli (Ilustrasi). Foto dok Blibli

jpnn.com, JAKARTA - Blibli memborong 19 penghargaan pada ajang Asia Pacific Contact Centre World 2023 Awards.

Selain meraih belasan penghargaan, Blibli juga mendapat apresiasi atas keunggulan layanan BlibliCare-nya dari para delegasi perusahaan yang hadir di ajang Asia Pacific Contact Center World 2023 Awards.

BACA JUGA: Kendalikan Pencemaran & Kerusakan Lingkungan di Jawa Timur, Pemprov Jatim Gandeng SIG

Blibli diapresiasi sebagai role model perusahaan lain karena mampu menghadirkan inovasi yang lebih segar di bidang contact centre, serta didukung oleh tim contact center profesional yang dibangun secara berkelanjutan melalui rekrutmen terbuka, pelatihan berkala dengan kurikulum berstandar global, hingga studi banding dengan berbagai penggiat lainnya di wilayah Asia Pasifik.

Untuk memperoleh kepuasan pelanggan, selain sikap empati, BlibliCare juga harus mampu bersikap responsif dan solutif sehingga bisa menghadirkan AHA! moment, yakni ketika pelayanan konsumen yang diberikan melampaui ekspektasi.

BACA JUGA: Semua Pasti Kebeli Pas Gajian, Blibli Pay Day Beri Penawaran Belanja Akhir Bulan

Seperti pengalaman unik agen BlibliCare Dhea, yang mendapat pertanyaan random di Hari Pelanggan Nasional.

Dia menerima pertanyaan di luar topik transaksional, melainkan berkaitan dengan curhat masalah percintaan pelanggan.

BACA JUGA: Perkuat Bisnis di Pasar Global, Telin dan NetIX Jalin Kerja sama

Meskipun begitu, agen Dhea dengan profesional tetap berusaha memberikan jawaban terbaik karena kepercayaannya bahwa seseorang yang berkarya di dunia pelayanan sudah seharusnya suka menolong dan tulus melayani dari hati.

Berbagai upaya di atas memperkuat poin nilai yang mengantarkan tim BlibliCare meraih banyak penghargaan bergengsi, termasuk di antaranya Asia Pacific Contact Center World 2023 Awards dalam dua tahun berturut-turut.

Pencapaian tersebut juga sejalan dengan komitmen 12 tahun Blibli dalam melayani pelanggan secara prima, di mana tim BlibliCare sejauh ini telah menghasilkan total 114 penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan menjunjung tinggi empati, para agen BlibliCare tidak hanya melayani pertanyaan atau keluhan seputar produk dan transaksi, namun juga dengan senang hati mendengarkan curahan hati (curhat) pelanggan.

Didukung ratusan tenaga profesional yang berintegritas dan penuh empati, BlibliCare siap menjadi telinga yang baik untuk merekomendasikan solusi customer-centric kepada pelanggan melalui ekosistem omnichannel Blibli yang inklusif.

Dedikasi tersebut membuat agen BlibliCare berhasil meraih banyak penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri, termasuk di antaranya 19 penghargaan pada ajang Asia Pacific Contact Center World 2023 Awards, yang diterima bertepatan dengan momentum Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2023.

“Blibli bangga atas penghargaan dari Asia Pacific Contact Centre World 2023 selama dua tahun berturut-turut. Pencapaian tersebut menjadi salah satu alat ukur kinerja dan faktor pendorong Blibli untuk konsisten berinovasi secara berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas tim, mulai dari proses perekrutan hingga peningkatan kapasitas, pengembangan karakter, dan implementasi teknologi yang mendukung kinerja agen BlibliCare agar dapat memberi solusi yang terpersonalisasi dan melampaui harapan pelanggan," ujar Lisa Widodo, Chief Operating Officer Blibli.

Ditambahkan Lisa komitmen melayani dengan empati, seraya memastikan kebutuhan, kenyamanan, dan kepuasan pelanggan terpenuhi, adalah bagian dari DNA Blibli sejak pertama kali berdiri lebih dari satu dekade silam.

“Komitmen ini mendorong setiap agen BlibliCare untuk memberi nilai lebih dari setiap layanan yang diberikan kepada pelanggan demi terciptanya pengalaman Pasti Puas, Pasti di Blibli. Bahkan, upaya tersebut telah ditanamkan sejak awal perekrutan," kata Lisa.

Sementara itu, BlibliCare kini telah dioperasikan dalam 6 kanal oleh sekitar 100 seats, serta melayani lebih dari 4.000 pelanggan setiap harinya.

Upaya ini tak lepas dari inovasi teknologi yang berkelanjutan pada operasional Blibli, termasuk pemanfaatan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) yang membantu agen BlibliCare dalam memberikan solusi optimal kepada setiap pelanggan.(chi/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler