Gelapkan Uang Perusahaan untuk Foya-foya

Karyawan Circle K Disidang

Rabu, 28 November 2012 – 14:41 WIB
BATAM KOTA - Putri Wulandari, masih berumur 21 tahun. Namun, aksinya sudah membuat Circle K rugi Rp710 juta. Karyawan di bidang keuangan itu menggelapkan keuangan Circle K untuk membeli mobil dan berfoya-foya.

Ia disidangkan di Pengadilan Negeri Batam. Wanita lajang ini didakwa dengan pasal penggelapan karena telah menilep uang perusahaan sebesar Rp710 juta.

Jaksa penuntut umum (JPU) Ratih siang itu menghadirkan lima orang karyawan Circle K yang dijadikan saksi. Para saksi mengatakan kalau Wulan telah bekerja sebagai acounting keuangan sejak Mei 2011 lalu. Wulan sendiri bertugas membayar tagihan-tagihan kepada supplier.

Selama itu, pihak perusahaan tak mencium gelagat aneh dari Wulan karena laporan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang masuk. Baru pada bulan Agustus lalu, kejahatan Wulan terbongkar. Pengelapan itu terbongkar karena adanya perbedaan laporan keuangan sejumlah Rp80 juta. Setelah dicari tahu, ternyata perbedaan itu bersumber dari hasil kerja Wulan.

Kecurigaan pun bertambah ketika Wulan memiliki mobil baru, rumah baru dan sering ganti-ganti ponsel model baru. Padahal setiap bulan, Wulan hanya menerima gaji Rp1,6 juta. Perbuatan Wulan membuat rugi perusahaan hingga Rp710 juta. Keterangan para saksi dibenarkan oleh wanita berusia 21 tahun ini.

Kepada majelis hakim, Wulan mengaku mengunakan uang untuk berfoya-foya bersama teman-temanya. Namun ia tak mengakui kalau rumah dan mobil Honda CR-V itu didapat dari pengelapan yang dilakukan.

"Uang itu untuk saya pakai bersama teman-teman. Mobil itu hasil kerja saya. Sedangkan rumah itu dibelikan pacar karena kami berencana untuk menikah," dalih Wulan kepada majelis hakim.

Majelis hakim Merry Wati didampingi hakim Riska tampak tak percaya dengan alasan terdakwa yang mengatakan menghabiskan uang itu hanya untuk berfoya-foya. "Alasan kamu saja, tak mungkin uang itu bisa habis hanya untuk traktir teman-teman," ujar hakim Merry. Sidang pun ditunda hingga minggu depan dengan agenda tuntutan. (she)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Kali Bawa PSK, Sopir Angkota Tewas Telanjang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler