Gelar Dialog Interaktif, Siti Fauziah Paparkan Tupoksi MPR ke Peserta Jambore Nasional

Jumat, 19 Agustus 2022 – 23:09 WIB
Plt Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR Siti Fauziah (tengah) saat menggelar dialog interaktif dengan peserta Jambore Nasional yang melakukan kunjungan Wisata Edukasi ke Gedung MPR, Jumat (19/8). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Plt Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Siti Fauziah menyambut kunjungan 92 peserta Jambore Nasional XI 2022, Jumat (19/8).

Kunjungan para peserta Jamnas didampingi para kakak pembina dan pendamping dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ke gedung MPR, Senayan, Jakarta itu dalam rangkaian melaksanakan 'Wisata Edukasi'.

BACA JUGA: Jokowi Datangi Jambore Nasional, Ada Irjen Fadil Menyambut

Dalam kesempatan itu, Siti Fauziah yang akrab disapa Ibu Titi melakukan dialog interaktif dengan para generasi muda bangsa tersebut.

Kepada mereka, Ibu Titi menyampaikan beberapa hal tentang lembaga MPR, tugas pokok dan fungsinya (tupoksi), serta kegiatan dan kewenangannya.

BACA JUGA: Jambore Nasional Accent-er di Jalak Harupat, Pertama Langsung Meriah

“MPR adalah rumah besar rakyat Indonesia," kata Ibu Titi.

Sebagai rumah besar, lanjut dia, implementasi kebhinnekaan dan persatuan Indonesia sangat kental dan terasa sekali.

Mulai dari seluruh pimpinan MPR berjumlah 10 orang merepresentasikan semua elemen partai politik yakni berasal dari 9 fraksi dan 1 kelompok DPD.

"Sedangkan anggota MPR terdiri dari anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum,” terangnya.

Ibu Titi juga menyampaikan di rumah rakyat ini setiap Agustus rutin diselanggarakan kegiatan besar bagi bangsa Indonesia, yakni Sidang Tahunan MPR dengan agenda Pidato Kenegaraan Presiden RI.

Kemudian Peringatan Hari Konstitusi dan HUT MPR.

“Seperti tanggal 16 Agustus 2022, MPR sukses menggelar Sidang Tahunan dan tanggal 18 Agustus 2022 melaksanakan Peringatan Hari Konstitusi,” sebutnya.

Dia juga menjelaskan MPR memiliki kewenangan tertinggi, yaitu mengubah dan menetapkan konstitusi atau UUD 1945.

"MPR memiliki tugas besar yang sangat penting untuk rakyat Indonesia dan untuk anak muda milenial seperti kalian, yakni melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR,” papar Ibu Titi.

Selain dialog, Ibu Titi juga menyisipkan pernyataan mendadak terkait sosialisasi Empat Pilar MPR.

Di penghujung acara, Ibu Titi memberikan tantangan kepada seluruh peserta untuk membuat yel-yel semangat dengan tema MPR.

“Beberapa yang menjadi ciri khas Pramuka adalah kreatif dan inovatif, contohnya yel-yel tadi. Itu adalah kreasi sederhana yang sangat bagus," kata Ibu Titi lagi.

Ibu Titi juga mendorong para anggota Pramuka tersebut untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi secara maksimal.

"Kalian akan muncul manusia Indonesia yang berkualitas demi majunya Indonesia tercinta,” ujarnya.

Turut menyambut kunjungan peserta Jamnas, yaitu Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Biro Humas Setjen MPR Budi Muliawan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler