Gelar Munas, ABMI Diminta Jaga Keseimbangan Produksi dan Harga Bawang Merah

Minggu, 27 Agustus 2023 – 22:50 WIB
Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto (tiga dari kanan) hadir dalam acara pembukaan Munas V ABMI yang berlangsung di Hotel Novotel Semarang, Jawa Tengah. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, SEMARANG - Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto menekankan pentingnya menjaga keseimbangan harga bawang merah agar tetap menguntungkan petani dan tidak memberatkan konsumen.

Hal itu disampaikan Dirjen Prihasto saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) yang berlangsung pada 26-27 Agustus 2023 di Hotel Novotel Semarang, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Kementan Genjot Produksi Bawang Merah Hingga Capai 20 Ton, Mantap!

Dia menegaskan pemerintah sangat tidak ingin petani tidak menikmati harga yang menguntungkan.

Di sisi lain, pemerintah juga dihadapkan tuntutan konsumen agar harga terjangkau.

BACA JUGA: Dirjen Hortikultura Ungkap Faktor Utama Peningkatan Produksi Bawang Merah di Sumbawa

"Kuncinya adalah keseimbangan produksi dan harga. Ini yang harus kita upayakan bersama," tegas Dirjen Prihasto.

Menurut Prihasto, ABMI selama ini telah banyak berkiprah untuk kemajuan petani bawang merah nasional.

"Saya ingat bagaimana ABMI secara heroik memperjuangkan penolakan impor pada periode 2012-2016. Hasilnya, sejak 2017 sampai saat ini, kita mampu swasembada bawang merah nasional. Tidak ada impor bawang merah konsumsi sama sekali," ungkap Dirjen Prihasto.

ABMI juga disebutnya menjadi salah satu pelopor penolakan bawang bombai berukuran mini yang berdiameter di bawah 5 cm, karena disinyalir akan merusak harga bawang merah lokal.

Prihasto berharap ABMI bisa terus memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan produksi dan harga bawang merah sepanjang tahun.

Dia menegaskan pihak Kementan siap bersinergi dalam menyusun kebijakan dan pelaksanaan program pengembangan kawasan nasional.

"Kami punya champion bawang merah yang hampir semuanya notabene anggota ABMI," terang pria yang akrab disapa Anton tersebut.

Dirjen Prihasto memastikan program pengamanan stok dan pengembangan kawasan bersama champion akan berlanjut tahun depan.

"Tahun ini program tersebut terbukti mampu mendukung upaya pengendalian inflasi nasional," ujarnya.

Senada disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Supriyanto yang menyebut peran penting ABMI dalam menjaga inflasi pangan daerah akibat fluktuasi harga bawang merah.

Gubernur Ganjar menyebutkan Jawa Tengah menjadi sentra terbesar bawang merah di Indonesia, bahkan tahun lalu surplus 500 ribu ton lebih.

Namun, inflasi yang dipicu bawang merah masih saja tetap terjadi di Jawa Tengah sendiri.

"Produksi antarwaktu dan antarwilayah perlu diperkuat lagi," terang Ganjar.

Gelaran Munas ABMI dihadiri perwakilan petani dan pelaku agribisnis bawang merah dari seluruh sentra produksi.

Selain itu tampak hadir Kepala Dinas Pertanian Brebes, Solok Sumatera Barat, Demak dan para pelaku usaha bawang merah nasional.

Munas V ABMI digelar dalam rangka konsolidasi sekaligus pemilihan pengurus baru.

Berdiri sejak Mei 2003, jaringan ABMI kini telah merambah di 40 kabupaten/kota dan 9 provinsi sentra produksi bawang merah seluruh Indonesia.

Tak pelak kiprah dan keberadaan ABMI menjadi perhatian banyak pihak.

Pada pemilihan ketua umum ABMI periode 2023-2027, dari total 138 suara, petani sekaligus pengusaha bawang merah asal Brebes Dian Alex Chandra mendapat suara terbanyak dengan total 74 suara.

Kandidat lainnya, Ikhwan Arif meraih 64 suara.

Atas hasil pemilihan tersebut, Alex Chandra akan menggantikan H Juwari yang sudah menjabat sebagai Ketua Umum ABMI selama 2 periodea.

Posisi Sekretaris Jenderal ABMI tetap disematkan kepada Ikhwan Arif.

Adapun bendahara umum dipercayakan kepada Ahmad Soleh dari Kendal. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler