Gelar Pasar Murah, Wako Medan Dipuji Mendagri

Jumat, 06 Juli 2012 – 00:47 WIB

JAKARTA - Langkah Walikota Medan Rahudman Harahap yang akan menggelar pasar murah di 151 titik di 21 kecamatan di Kota Medan menyambut bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, mendapat pujian Mendagri Gamawan Fauzi.

Melalui Kapuspen Kemendagri Reydonnyzar Moenek, Rahudman dinilai sebagai figur kepala daerah yang tanggap menyikapi keadaan.

"Bagus sekali itu. Kita nilai Walikota Medan cepat tanggap. Beliau memang sosok birokrat yang berpengalaman, memahami dinamika penyelenggaraan pemerintahan dan sosial kemasyarakat. Kita catat itu," ujar Reydonnyzar Moenek kepada JPNN kemarin (5/7).

Wajar Rahudman mendapat pujian. Pasalnya, Gamawan baru pada 21 Juni 2012 mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang ditujukan kepada seluruh gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia.

Dalam SE itu, Gamawan minta para kepala daerah menjaga  stabilitas harga dan kecukupan stock pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Para kepala daerah diperintahkan agar memastikan penyediaan stock pangan dalam keadaan aman selama Ramadhan dan Idul Fitri 1433 H, melalui pengawalan terhadap seluruh matarantai pengelolaan produk pangan yang dibutuhkan masyarakat. Diperintahkan juga untuk menggelar operasi pasar untuk produk pangan tertentu melalui  pasar- pasar tradisional yang mudah dijangkau masyarakat.

"Juga menyalurkan beras untuk keluarga miskin (Program Raskin) melalui kerjasama dengan Perum BULOG setempat," demikian bunyi SE tersebut.

Para kada juga diminta mengawal mobilitas barang dan orang selama Ramadhan dan Idul Fitri 1433 H untuk mewujudkan rasa nyaman bagi pengguna jasa transportasi. Sekaligus, mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang yang tidak terangkut oleh sarana transportasi publik, melalui pengerahan sarana transportasi milik Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Reydonnyzar mengatakan, bentuk kegiatan bisa dengan menggelar pasar murah. "Kelancaran transporasi barang, terutama hasil bumi, harus juga menjadi perhatian, karenajika tak lancar, hasil bumi bisa cepat busuk," pungkas Donny, panggilan Reydonnyzar. (sam/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Polisi Judi, Kompolnas Turun ke Samosir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler